Header Ads


Foto Susi dan Sri Mulyani Terpasang dalam '' Kartini Millenial On The Road' di Solo

Foto Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti terpasang dalam aksi tempel pesan Kartini Millenial on The Road di Solo, Jawa Tengah, Minggu (22/4/2018).


Majalahqqhoki.net, SOLO - Suasana peringatan Hari Kartini masih sangat terasa di Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (22/4/2018).

Puluhan mahasiswa Prodi Desain Komunikasi Visual FSRD Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta menggelar aksi tempel pesan beragam kepada pengunjung di car free day (CFD) Jalan Slamet Riyadi Solo.

Para mahasiswa mengajak pengunjung CFD Slamet Riyadi untuk menuliskan pesan, harapan atau tulisan motivasi seputar spirit Kartini yang masih relevan di masa ini. Adapun tema yang diambil dalam acara itu adalah "Kartini Millenial on The Road". Dipilihnya tema itu untuk pengingat tentang sosok pahlawan RA Kartini yang berjuang dalam keterbatasan.

"Ini untuk memberikan pemuda masa kini untuk selalu mengingat sama jasa para pahlwan terutama RA Kartini," ungkap koordinator acara, Soffia kepada Kompas.com di Solo, Minggu.

Dia menjelaskan seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi tak dipungkiri generasi muda sekarang banyak yang tidak mengenal dan bahkan tidak tahu pahlawan nasional sekarang.

Agen Sakong Online

Mahasiswa juga memasang sketsel backdrop ukuran 3 x 2 meter dengan visual berupa sekitar 100-an foto beragam wajah wanita dari segala usia dan profesi. Mulai dari penjual jamu gendong, guru, pedagang, petani, ibu rumah tangga, mahasiswa, aktivis, hingga tokoh nasional negeri ini.

Dalam backdrop tersebut terpajang foto Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti. Tak ketinggalan foto RA Kartini pun terpasang sebagai latar belakang backdrop bertuliskan "Habis Gelap Terbitlah Terang".

 Backdrop untuk menempelkan media kertas berwarna-warni berisi pesan, harapan dan kata - kata motivasi yang dituliskan oleh pengunjung CFD. Ada sekitar 30 pesan dan harapan yang ditempelkan oleh pengunjung di backdrop itu.

Dijelaskan kegiatan menempel pesan dan harapan ini sebagai pre event media publikasi kegiatan tahunan mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta yaitu DKV ACT#4 yang sesuai temanya "Sekitar" akan digelar besuk bulan Mei.

"Melalui media tersebut diharapkan menjadi pengingat masyarakat akan jasa RA Kartini," tambah dosen pembimbing HIMA DKV ISI Surakarta, Basnendar.

Sumber dari, Kompas.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.