Header Ads


Takut Data Pribadimu di Internet Bocor? Tanpa Kita Sadari, Google Malah Udah Mengambil 10 Data Ini dari Kalian


MajalahBerita24.com,  Jakarta  -- Kasus kebocoran data Facebook yang digunakan untuk survei pemilu pemilihan presiden Amerika Serikat yang lalu membuat Facebook mulai ditinggalkan oleh para penggunanya. Gimana nggak, data yang menjadi privasi seseorang harus "diberikan" kepada orang lain yang punya tujuan khusus, dalam hal ini adalah pemilu presiden Amerika Serikat.

Nggak hanya Facebook saja, Google pun sebenarnya juga menyimpan data para penggunanya loh gaes! Bahkan, mereka sendiri juga nggak segan mengatakan kalo 10 jenis data ini yang mereka ambil dari penggunannya. Apa aja sih data yang mereka rekam? Cekidot!
1
History pencarian di Google
History pencarian di Google
Yang mereka lakukan pertama kali adalah menyimpan seluruh history pencarian yang ada di seluruh perangkat kalian. Jika semua perangkat yang kalian gunakan dihubungkan dalam satu akun yang sama, maka ketika kalian melakukan pencarian diperangkat manapun, mereka akan dapat dengan mudah menyimpan informasi yang sama.
2
Menampilkan iklan dari data yang sudah dikumpulkan
Menampilkan iklan dari data yang sudah dikumpulkan
Kalo langkah pertama tadi sudah mereka berhasil lakukan, selanjutnya adalah mengolah data pencarian tadi menjadi salah satu pendapatan terbesar mereka, yaitu dengan berbisnis iklan. Pernah nggak sih, kalian lagi kepingin beli barang dan mencoba mencarinya pada mesin pencarian Google? Nah, keesokan harinya, tiba-tiba sudah muncul iklan dengan barang yang sama di mesin pencarian Google, padahal kalian sedang mencari barang yang lain. Itu dia salah satu bentuk olahan data yang bisa menampilkan iklan sesuai sasarannya.




3
Menyimpan data aplikasi apa saja yang kalian pakai
Menyimpan data aplikasi apa saja yang kalian pakai
Salah satu keuntungan menggunakan smartphone Android adalah dengan mudahnya bisa mendapatkan semua aplikasi yang kalian butuhkan dengan bantuan Google Play Store. Namun, pernah kepikiran nggak sih kalo ternyata Google juga menyimpan history aplikasi apa saja yang pernah kalian pakai, dan data itu digunakan untuk memberikan rekomendasi aplikasi apa saja yang cocok dengan sejarah pemakaian kita loh.
4
Menyimpan data video yang telah ditonton di YouTube
Menyimpan data video yang telah ditonton di YouTube
Kalo kalian berpikir hanya history pencarian apa saja yang disimpan, kalian salah besar! Selain menyimpan history pencarian, ternyata Google juga menyimpan judul video yang sudah pernah kalian putar. Nah, hal ini bertujuan untuk menampilkan daftar rekomendasi video yang cocok dengan apa yang sudah kalian putar sebelumnya.
5
Google Tahu Lokasi Kalian
Google Tahu Lokasi Kalian
Kalo kalian menyalakan fitur Location History pada smartphone Android, itu bukan berarti kita bisa melihat posisi kita secara real time melalui GPS, namun Google juga menyimpan lokasi mana saja yang sudah pernah kalian kunjungi, bahkan sejak hari pertama kalian menggunakan smartphone Android loh!
6
Google juga menyimpan data yang kalian hapus
Google juga menyimpan data yang kalian hapus
Pernah menggunakan Google Drive? Salah satu layanan penyimpanan cloud milik Google ini memang menawarkan storage gratis hingga 15GB tiap akun. Namun, parahnya ternyata Google juga menyimpan data kalian, bahkan data yang sudah pernah dihapus sekalipun. Bayangkan, kalo itu data atau foto privasi kalian, gimana perasaannya?
7
Menyimpan seluruh acara yang pernah dihadiri
Menyimpan seluruh acara yang pernah dihadiri
Selain bisa mengakses data biasa yang tersimpan pada sebuah smartphone, siapa sangka kalo Google ternyata juga bisa loh menyimpan data acara apa saja yang pernah dan akan kalian kunjungi. Hal ini mereka lakukan agar bisa melakukan sinkronisasi secara langsung dengan layanan Google Calendar mereka, yang memudahkan kalian untuk mengecek jadwal secara langsung.
8
Menyimpan jadwal olahraga
Menyimpan jadwal olahraga
Pernah menggunakan layanan Google yang bernama Google Fit? Nah, kalo kalian pernah menggunakannya, jangan kaget kalo ternyata Google itu juga menyimpan kegiatan olahraga kalian, semisal rute lari, keadaan saat kalian berolah raga, dan bahkan semua data olahraga lainnya itu disimpan oleh Google loh!
9
Menyimpan foto kalian
Menyimpan foto kalian
Semua smartphone Android kekinian sudah terinstall aplikasi ini secara langsung. Kalo kalian pernah memakainya, maka kemungkinan besar Google sudah mengetahui bagaimana rupa kalian loh! Nggak percaya? AI Google sekarang ini sudah bisa mempelajari muka seseorang hanya dengan menggunakan foto saja gaes!
10
Menyimpan percakapan e-mail
Menyimpan percakapan e-mail


Gmail adalah salah satu layanan Google yang cukup banyak digunakan, selain karena gratis, layanan ini punya tampilan yang sederhana dan mudah untuk dipelajari segala kalangan. Menariknya, ternyata Google itu menyimpan loh segala bentuk percakapan kalian melalui akun Gmail yang kalian miliki. Hayo, seram nggak tuh?




Gimana gaes, terlepas dampak negatif atau positif yang dihasilkan dari kegiatan Google menyimpan informasi penggunanya ini, apa pendapat kalian dari "kelakuan" Google ini, apakah hal yang wajar atau tidak? Share komentar kalian ya!

– Dikutip dari Techno.okezone.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.