Header Ads


Kali Krukut Tanah Abang Kotor Akibat Kebiasaan Warga Buang Sampah Sembarangan

Berbagai jenis sampah menumpuk di aliran Kali Krukut yang berada di Kelurahan Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Saat menelusuri aliran tersebut, berbagai jenis sampah terihat menumpuk yanh didominasi sampah plastik, bungkus makanan dengan sisa makanan yang masih baru, sterofom, dan pakaian. Tampak juga bakul nasi berukuran sedang tersangkut di aliran Kali Krukut yang dangkal, Jumat (18/5/2018).



Majalahqqhoki.com, JAKARTA  - Aliran Kali Krukut yang mengalir di Kelurahan Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat dipenuhi tumpukan sampah, berwarna hitam pekat, dan berbau menyengat. 

Ida, salah satu warga yang tinggal di bantaran Kali Krukut sejak 1970 mengatakan, hampir setiap hari warga membuang sampah di kali tersebut.

"Itu warga pendatang suka-suka mereka aja buang sampah, padahal sudah ada tempat sampah. Namanya juga warga pendatang," ujar Ida saat berbincang dengan Kompas.com, Jumat (18/5/2018).

Ida mengatakan, warga bantaran kali telah disosialisasi membuang sampah di kantong plastik atau tempat sampah.

Namun, sosialisasi itu tidak pernah dilaksanakan. 

Hal senada disampaikan Ari yang telah tinggal belasan tahun di bantaran Kali Krukut.

Ari mengaku tidak pernah melihat aliran Kali Krukut bersih dari sampah.

Agen Sakong Online

"Kalau pagi, iya, bersih, kan, dibersihkan petugas, tetapi kalau siang terus sore, ya, begini enggak kelihatan lagi bersihnya. Sampai malam nanti kotor lagi, enggak pernah melihat bersih," ujar Ari.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, pihaknya telah menyosialisasikan gerakan hidup bersih.

Dinas Lingkungan Hidup telah membagikan karung dan kantong plastik agar warga mengumpulkan sampah dalam satu wadah.

Jika kantong sudah penuh terisi, petugas akan membantu membuang ke tempat pembuangan akhir.

"Sudah diedukasi dengan membagikan karung sepanjang sungai, ya, begitu lagi (kotor). Membersihkan memang harus peran serta RT/RW dan masyarakat juga," kata Isnawa. 

 Berbagai jenis sampah menumpuk di aliran Kali Krukut, Tanah Abang.

Kompas.com melihat sampah didominasi plastik, bungkus makanan, stereofoam, dan pakaian. Selain itu, tampak pula bakul nasi berukuran sedang tersangkut di aliran Kali Krukut yang dangkal.

Sumber dari, Kompas.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.