Header Ads


Menghitung Modal Usaha Gosok Pakaian Keliling.....

Gosok keliling di Kota Bekasi milik Adel Herawati (32) saat ditemui di kediamannya daerah Pekayon, Kota Bekasi, Jumat (21/7/2017).



Majalahqqhoki.com, BEKASI - Usaha jasa setrika atau gosok pakaian keliling (gokil) bisa jadi ide usaha yang meyakinkan.

Salah seorang pelaku usaha tersebut, Adelia Herawati (33), menceritakan modal awal yang perlu dimiliki untuk membuka usaha gokil.

"Modal awal kalau saya sepeda motor. Waktu itu dengan gerobak besar mengangkut semua peralatan, sekarang pakai motor roda tiga," ucap Adelia yang ditemui Kompas.com, Senin (21/5/2018).

Adelia menceritakan, salah satu alat yang wajib ada yakni setrika uap. Ia memilih alat setrika khusus untuk laundry yang jarang dijual di pasaran.

Untuk uap airnya, Adelia menggunakan pemanas kompor dan panci bertekanan. Oleh karena itu, ia membutuhkan gas 3 kilogram untuk menyetrika 60 sampai 80 kilogram pakaian.

Agen Sakong Online

"Kita isi panci presto dengan air, tunggu sampai mendidih. Uap akan disalurkan melalui selang ke setrikaan. Jadi tidak perlu listrik. Sekarang saya pakai dua kompor dan dua setrikaan untuk mempercepat proses gosok," ujar dia.

Jika dihitung, kata Adelia, alat yang digunakannya untuk membuka usaha gokil itu lebih kurang Rp 1 juta. Itu belum termasuk kendaraan yang digunakan untuk dia berkeliling.

Menurut Adelia, diperlukan ketekunan untuk menjalani usaha tersebut. Selama ini, kata Adelia, banyak orang yang menghubunginya untuk belajar usaha gokil. Namun, kata dia, tidak ada yang bertahan lama.

"Kayanya harus ulet, kuat dan tidak malu. Ini memang butuh tenaga besar terlebih kita harus bergerak ke rumah konsumen dan menyelesaikan pekerjaan sampai rampung," ucap Adelia.


Sumber dari, Kompas.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.