Header Ads


Menhub: Pesawat Jenis Boeing 737 Bisa Mendarat di Bandara Kediri

Menhub Budi Karya Sumadi seusai meresmikan Jembatan Wijaya Kusuma di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa (29/5/2018).



Majalahqqhoki.com, KEDIRI - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan bandara Kediri, Jawa Timur, nantinya akan mempunyai panjang lintasan hingga 3.000 meter.

"Tapi untuk tahap pertama panjang 2.400 meter," ujar Menhub saat berada di Kediri, Jawa Timur, Selasa (29/5/2018).

Masing-masing panjang lintasan itu akan berdampak atau pengaruh pada jenis pesawat yang melintasinya. Dengan panjang 2.400 meter misalnya, setidaknya untuk kelas pesawat jenis Boeing 737.
Sedangkan untuk landasan pacu 3.000 meter otomatis akan semakin besar kapasitas pesawatnya. Untuk panjang landasan ini lumayan cukup untuk setingkat Boeing 777 yang notabene pesawat bermesin ganda dan berbadan lebar.

Agen Sakong Online

"Kita rencanakan bisa untuk 3.000 meter jadi bisa untuk 777," ungkapnya.

Pembangunan bandara tersebut memang oleh PT Gudang Garam Tbk. Namun untuk pengelolaannya nanti, kata Menhub, potensi pengelolaannya akan dalam wadah korporasi yang sudah memiliki BUBU (Badan Usaha Bandar Udara).

"Kemungkinan kalau tidak AP 1 ya AP 2." pungkasnya.

Sebelumnya, Bandara Kediri ditargetkan mulai pembangunannya pada 2019. Menurut Menhub, beberapa hal seperti kesiapan lokasi sudah terpenuhi sehingga pembangunan bandara ini masuk tahap finalisasi desain. 

Menhub Budi Karya berada di Kediri dalam rangka peresmian jembatan Wijaya Kusuma. Selain Menhub juga hadir Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono.


Sumber dari, Kompas.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.