Header Ads


Paus Melon Terdampar di Pantai Wisata dalam Kondisi Terluka

Paus Melon saat terdampar di Pantai Oesapa, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, NTT, Sabtu (12/5/2018)


Majalahqqhoki.com, KUPANG - Seekor paus melon (headed whale) terdampar di Pantai Wisata Oesapa, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur ( NTT), Sabtu (12/5/2018).

Paus tersebut menjadi tontonan ratusan warga yang memenuhi pantai dan pasar tradisional yang letaknya tak jauh dari pantai.

Para nelayan dan petugas dari Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) NTT berusaha melepaskan ke laut dengan cara mendorong bagian tubuh paus.

Kepala BKKPN Kupang Ikram Sangadji mengatakan, pihaknya melakukan identifikasi jenis dan kondisi paus dan upaya penanganan cepat.

Agen Sakong Online

"Hasil identifikasi, diketahui jenis paus melon berukuran 2,03 meter," ucap Ikram, Sabtu malam.

 Berdasarkan pengamatan morfologi, lanjut Ikram, terdapat luka pada bagian mata sebelah kiri dan terlihat bengkak pada perut bawah bagian kiri dengan diameter 5 sentimeter.

Selain itu, terlihat ada bercak putih dan diduga kuat terkena morbilivirus di sekitar badan. Paus Melon pun diduga dalam kondisi sakit karena luka pada bagian tubuhnya.

"Setelah beberapa kali telah coba dilepaskan dan kembali lagi ke pantai. Namun pada pukul 16.30 Wita, paus melon tersebut berhasil dikembalikan ke habitatnya," tutupnya.


Sumber dari, Kompas.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.