Header Ads


Pungli Berkedok Retribusi di Dekat Thamrin City

Pungli Berkedok Retribusi di Dekat Thamrin City


Majalahqqhoki.com,Jakarta  - Aksi pungli di dekat Mal Thamrin City, Tanah Abang, Jakarta Pusat, berhasil diungkap pihak Kepolisian. Kasus ini sebelumnya sempat viral di sosial media.

Kapolsek Tanah Abang AKBP Lukman Cahyono mengatakan ada tiga pelaku yang ditangkap. Namun Wali Kota Jakarta Pusat menyebut ada satu lagi yang ditangkap menjadi total ada 4 orang yang ditangkap.

Tiga orang tersangka itu antara lain Nurtaman (39), Erwan Susilo (31), dan Amat (40). Ketiganya merupakan warga Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Dari tangan mereka disita 36 kupon retribusi buatan sendiri, dan uang sejumlah Rp 17.000 serta Rp 133.500. Sementara pelaku keempat belum diketahui identitasnya. 

"Mereka memang sering nyetopin mobil-mobil barang, alasannya retribusi," ujar Kapolsek Tanah Abang AKBP Lukman Cahyono saat dikonfirmasi, Sabtu (2/6). 

Agen Sakong Online

Sebelumnya video pengendara mobil disetop sejumlah orang di dekat Thamrin City, Jakarta Pusat, viral di sosial media. Disebutkan orang-orang tersebut meminta bayaran (pungli) dengan dalih retribusi. 

"Tersangka melakukan pemerasan terhadap kendaraan-kendaraan umum yang melintas di TKP memaksa harus membayar," tutur Lukman. 

Lukman menjelaskan, saat ini coba dilakukan pendalaman dengan meminta keterangan kepada RT/RW setempat lebih dulu. 

Menurut Lukman, para pelaku mengaku uang yang mereka dapat dari pungli adalah untuk minum, makan, dan rokok. Meski begitu, polisi menduga mereka memakai uangnya untuk mabuk-mabukan. 

"Buat makan minum, rokok. Tidak tertutup kemungkinan buat minum-minum juga," tutur Lukman. 


Sumber dari, Kompas.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.