Header Ads


Polri: Polisi Tak Akan Tembak Begal jika Menyerah

Ilustrasi penembakan terhadap anggota atau institusi polisi


Majalahqqhoki.com, JAKARTA
- Polri mengaku tidak ada kebijakan wajib menembak begal hingga mati. Hal itu disampaikan usai tindakan itu dikritik oleh Lembaga Bantuan Masyarakat (LBH).

 Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divhumas Polri Brigjen M Iqbal yakin polisi punya alasan hingga melakukan tindakan tegas berupa penembakan.

"Saya kira teman-teman saya di lapangan itu memilih upaya paksa Kepolisian itu, terukur bahasanya, karena terancam nyawanya, makanya ditembak walaupun akibatnya mematikan," ujar Iqbal di Jakarta, Kamis (19/7/2018).

Iqbal mengatakan, Polisi diberikan wewenang untuk mengambil tindakan tegas, hingga penembakan, saat ada ancaman yang membahayakan nyawa polisi atau masyarakat.

Dia mengatakan, kewenangan itu tak hanya dimiliki Polri, namun juga polisi di seluruh dunia. Tujuannya, yakni untuk melindungi diri dan masyarakat.

Agen sakong Online

Justru, kata dia, bila tidak mengambil tindakan tegas saat ada situasi yang mengancam nyawa polisi dan masyarakat, Polri akan disalahkan.

Iqbal yakin polisi tidak akan sampai menembak bila pelaku begal menyerah dan tidak melawan.

"Kalau menyerah, kalau tidak berdaya, itu tidak boleh, itu menyalahi kode etik, bahkan lebih. Jadi sekali lagi tidak ada kebijakan Polri, Polda dan Polres, tetapi kalimatnya tindakan tegas dan terukur untuk melindungi dan mengayomi masyarakat," kata dia.

Sebelumnya, LBH Jakarta menilai tindakan tembak mati begal oleh Kepolisian merupakan hal yang berlebihan dan melanggar hak hidup.

Oleh karena itu, LBH meminta kepolisian berhenti menembak mati pelaku begal hingga penjambretan dalam Operasi Cipta Kondusif 2018.


Sumber dari, Kompas.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.