Header Ads


Soal 11 Begal Ditembak Mati, Polri: Mereka Melawan

Soal 11 Begal Ditembak Mati, Polri: Mereka Melawan



Majalahqqhoki.com,JAKARTA - Penembakan mati 11 penjahat oleh Polda Metro Jaya menuai kritik. Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto menjelaskan penembakan mati itu dilakukan karena pelaku melawan petugas.

"Ketika ditangkap anggota dia menyerah, ya kita nggak akan melakukan tindakan apa-apa. Tapi ketika dia melawan, ya kami harus membela diri. Jadi bukan extrajudicial (killing). Ini dalam konteks di lapangan dia membawa senjata tajam dan melakukan perlawanan," kata Setyo di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (19/7/2018).

Setyo memastikan penembakan itu tak dilakukan sembarangan. Tindakan tegas dan terukur dilakukan polisi dengan diperkuat barang bukti.

Agen Sakong Online

"Saya sampaikan, dengan adanya barang bukti yang dia bawa, dia membawa senjata atau membawa parang," sebutnya.

Dia menjelaskan tindakan tegas dan terukur itu diperbolehkan untuk dilakukan aparat kepolisian ketika melaksanakan tugas. Itu pun tetap dalam pengawasan Profesi dan Pengamanan (Propam).

"Jadi semua yang dilakukan teman-teman di lapangan itu kan mereka lakukan laporan kepada pimpinan. Propam melakukan audit apakah yang dilakukan ini sesuai dengan prosedur. Ketika sudah dilakukan sesuai prosedur, tidak ada masalah. Tapi kalau tidak, ya kita proses," jelas Setyo.


Sumber dari, Kompas.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.