Header Ads


14 Jam Kepungan Api di Pabrik Kayu di Tengah Permukiman


Majalahqqhoki.com - Suasana tenang warga di Dusun Cigobang, Desa Jenang, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah mendadak berubah riuh redam. Teriakan demi teriakan terdengar demi mendapati kebakaran pabrik kayu Sabda Alam Prima Nusa (SAPN), Senin petang, 17 September 2018.

Sekonyong-konyong, sejumlah pekerja pabrik panik dan berlarian keluar dari area pabrik yang terbakar. Mereka tak kuasa menahan amukan si jago merah yang terus membesar.

Para pekerja pertama kali mengetahui kebakaran sekitar pukul 17.00 WIB. Api diduga berasal dari oven nomor 7.

Hanya dalam waktu 15 menit, api menjalar ke ruang-ruang lain dengan cepat. Ketua RT 02/20, Sugianto menuturkan, mengetahui terjadi kebakaran, warga sekitar tak tinggal diam. Mereka berupaya sebisanya untuk memadamkan api.

Agen Sakong Online

Namun, mereka tak kuasa mendekat. Warga hanya bisa mencegah rembetan api dengan menyiramkan air selokan ke tembok pabrik dan rumah yang letaknya berdekatan dengan pabrik yang kebakaran.

Tiupan angin yang kencang menerbangkan bunga-bunga api ke sisi utara. Permukiman warga di sisi utara dan barat pabrik terancam. Warga pun panik api akan melahap rumah mereka.

"Anginnya berembus ke utara. Kita nyiram-nyiram atap dan tembok rumah sampai jam 7 malam. Jaga-jaga sampai dini hari," ucap Gunawan, yang juga karyawan pabrik kayu terbakar ini, Selasa, 18 September 2018.

Di dalam pabrik, keriuhan suara manusia tak terdengar lantaran tertutup letupan api yang menyala-nyala tak terkendali. Itu sebab, ketika mobil pemadam kebakaran tiba beberapa menit kemudian, api sudah berkobar nyaris di seluruh bagian pabrik kayu milik Iwan Rahardi ini.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.