Header Ads


3 Kapal Ikan Vietnam Ditangkap di Perairan Natuna

3 Kapal Ikan Vietnam Ditangkap di Perairan Natuna


Majalahqqhoki.com, JAKARTA - Tim Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menangkap 3 kapal ikan berbendera Vietnam dalam operasi di Perairan Natuna. 1 Kapal ikan vietnam itu tenggelam karena berusaha kabur dan menabrak kapal patroli KKP.

Dalam rilis KKP yang diterima detikcom, Sabtu (1/9/2018), awalnya ada 4 kapal yang melakukan patroli rutin di perairan natuna. 4 Kapal tersebut terdiri dari Kapal Orca 1, Kapal Paus, Kapal Hiu 11, dan Kapal HMC01.

Salah satu dari 3 kapal ikan Vietnam tersebut tidak mau berhenti saat akan diperiksa Kapal Orca 1. Satu kapal tersebut bahkan menghadang dan memotong haluan dari sisi kanan lambung Kapal Orca 1.
"Sehingga terjadi benturan yang menyebabkan KIA (Kapal Ikan Asing berbendera Vietnam) tenggelam. Semua ABK KIA 6 orang diselamatkan ke Kapal Hiu 11," lapor rilis tersebut.

Agen Sakong Online

Petugas kemudian berhasil mengamankan 1 kapal ikan Vietnam lainnya beserta 12 orang anak buah kapal (ABK) yang berasal dari 2 kapal. Selanjutnya Kapal Orca 1 dan Kapal Hiu 11 mengawal 1 kapal Vietnam dan 12 ABK tersebut ke Pontianak.

"Kami belum menerima laporan detail terkait dampak yang terjadi pada KP Orca 1 akibat benturan dengan KIA. Kami laporkan juga bahwa terpantau Vietnam Coastguard mengawal puluhan KIA Vietnam hingga ke Grey Area," ungkap rilis tersebut.

Hingga saat ini Kapal Paus dan HMC 01 masih terus melakukan operasi di sisi barat Laut Natuna untuk mengawasi pergerakan kapal ikan asing lainnya.


Sumber dari, Kompas.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.