Header Ads


Ini 7 Manfaat Dari Makanan Pedas Untuk Kesehatanmu



Majalahqqhoki - Makanan pedas, memang menjadi favorit bagi orang-orang Indonesia. Tentunya makanan pedas yang berasal dari cabai dalam bentuk saos, sambal, atau dimakan langsung sebagai pendamping.

Memang sih, jangan terlalu banyak atau sering mengonsumsi makanan pedas. Karena gak baik untuk sistem pencernaan kalau terlalu banyak makanan pedas.

Tapi nih ternyata, ada manfaatnya juga lho bagi kamu yang menyukai makanan pedas. Ini 7 manfaat kesehatan bagi dari makanan pedas.


1. Meredakan rasa sakit

Siapa sangka, di dalam makanan pedas yang di dominasi cabai ternyata dapat meredakan rasa sakit. Misalnya meredakan sakit gigi dan sakit kepala. Kenapa bisa? Karena dalam cabai mengandung capacaisin, yang dapat merangsang pelepasan endorfin di dalam tubuh.

Dengan pelepasan endorfin inilah dapat membunuh rasa sakit secara alami.


2. Sebagai antioksidan

Selain itu, kandungan capcaisin dalam cabai dapat sebagai antioksidan dalam tubuh. Yaitu melindungi sel-sel dari kerusakan dari radikal bebas.


3. Mencegah kanker

Di dalam cabai, terdapat kandungan  lycopene cartonoid yang berbeperan untuk mencegah penyakit kanker. Selain itu, kandungan terdapat kandungan vitamin C, asaam folat, dan beta-karoten yang berperan untuk mengurangi resiko usus besar.


4. Menurunkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung

Dalam jangka panjang, bagi kamu yang menyukai cabai dalam makanan pedas, ternyata dapat mencegah serangan jantung dan juga menurunkan tekanan darah.

Hal ini karena kandungan capcaisin dalam cabai yang dapat mencegah penyumbatan darah ke jantung dan mengurangi kolesterol.


5. Mengurasi rasa pegal

Ternyata bagi kamu penyuka makanan pedas, rasa pegal dapat teratasi, lho. Dengan kandungan senyawa kapsisikol dalam cabai, dapat memberi rasa hangat secara alami.

Kamu pernah memakai koyo untuk mengatasi pegal-pegal, kan? Tenyata dalam koyo itu terkandung cabai sebagai obat dalam bentuk koyo.


6. Membakar lemak

Yang mau diet, cabai dapat menjadi solusi alami untuk ‘perjuangan’ kamu! Tapi ingat, perhatikan porsi dan pola makan juga.

Pedasnya cabai memang dipercaya untuk meningkatkan metabolisme dan membakar kalori dalam lemak. Tapi nih, jangan berlebihan juga dalam mengonsumsi makanan pedas.


7. Melancarkan pernapasan

Mengonsumsi cabai memang dapat meningkatkan metabolisme tubuh, dan ternyata hal ini juga dapat memperlancar pernapasan.

Misalnya kalau hidung kamu sedang tersumbat atau pilek. Dengan begitu, saluran pernapasan menuju paru-paru jadi lancar.

Bisa makan kenyang sekaligus manfaat kesehatannya juga dapat. Asalkan nih, jangan terlalu banyak atau berlebihan dalam mengkonsumsinya dan jaga pola makan juga, ya!





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.