Header Ads


Daripada Buang Duit Beli parfum Mahal Mendingan Coba Lima Bahan Sederhana Ini Bisa Disulap Jadi Parfum dengan Aroma Berkelas!

Daripada Buang Duit Beli parfum Mahal Mendingan Coba Lima Bahan Sederhana Ini Bisa Disulap Jadi Parfum dengan Aroma Berkelas!

MajalahQQHOKI.com,  Jakarta  -- Tiap harinya pasti kamu pengen tampil wangi di berbagai kesempatan. Kamu pasti bakal nggak PD dan malu seandainya ada aroma nggak enak yang keluar dari tubuhmu. Kamu jadi ngerasa nggak bebas gerak dan bergaul dengan siapa aja ke sana sini.

Maka dari itu parfum jadi andalan yang nggak bisa ditinggalkan. Ya kan? Tiap pagi, siang, sore, kamu pasti rajin nyemprotin parfum ke badan atau bahkan pakaian. Sayangnya yang namanya parfum itu harganya kadang mahal banget. Kalo mau yang hemat, ya bikin sendiri aja. Caranya gampang kok. Modalnya cuma bahan sederhana yang berikut ini.

1
Alkohol
Alkohol
Via dumlogstore.com

Sebenernya parfum yang kamu beli di toko itu nggak lepas dari yang namanya alkohol. Ini adalah bahan yang wajib ada sebagai antiseptik sekaligus jadi bahan yang membuat cairan lebih gampang menyebar saat kamu semprotkan ke tubuh. 

Pengen nyoba bikin sendiri? Gampang banget. Siapin dua essential oil yang aromanya beda. Tuang 10 tetes (masing-masing aroma) ke wadah yang udah diisi 2 ons alkohol. Habis itu masukin bunga melati sebanyak satu genggam, tutup wadah dan diamkan selama 2 malam. Setelah itu parfummu siap dipakai.
2
Lilin Madu
Lilin Madu
Via sincerelykinsey.com
Kalo nggak mau pakai parfum yang mengandung alkohol, tenang, masih ada cara lainnya kok. Kamu bisa bikin parfum dari bahan lilin madu. Konon katanya parfum ini punya aroma yang bisa bertahan lebih lama dibanding alkohol. Cara bikinnya juga gampang kok. Pertama didihkan air sebnayak 75 mililiter. Kalo udah mendidih saatnya menambahkan satu sendok makan lilin madu. Kalo lilin udah meleleh tuangkan essential oil aroma magnolia. Jumlahnya 40 tetes. Setelah itu aduk. Tunggu sampai dingin dan bisa dipakai deh.




3
Minyak almond
Minyak almond
Via healthline.com
Buat yang punya minyak almond di rumah, yuk gunain buat bikin parfum. Caranya campur satu sendok makan minyak almond dengan 3 sendok alkohol. Setelah itu siapin essential oil dengan 2 aroma berbeda. Masing-masing teteskan ke bahannya sebanya 25 tetes. Kalo udah tercampur, tutup botol dan diamkan dulu.
4
Minyak zaitun
Minyak zaitun
Via healthline.com
Khasiat minyak zaitun emang udah gak diragukan lagi. Dulu Ratu Cleopatra aja selalu memasukkan minyak zaitun ke bak mandinya. Selain buat kecantikan kulit, minyak yang satu ini ternyata juga bisa jadi bahan untuk wewangian loh. Caranya dengan mencapur minyak zaitun dengan alkohol dan lelehan lilin madu. Seduh ketiga bahan itu di atas tungku. Jangan lupa kasih essential oil yang aromanya sesuai sama selera kamu.
5
Tepung maizena
Tepung maizena
Via thespruce.com


Bahan yang terakhir ini emang agak beda dari yang sebelumnya. Cuma kamu patut mencoba nih kegunaan si tepung yang biasa dipakai buat beli kue ini. Karena ini bentuknya tepung tentu aja kamu nggak bisa menyulapnya jadi wewangian berbentuk cair. Tepung ini bisa diubah jadi bedak badan. Caranya gimana? Siapin toples selai bekas, 2 sendok makan maizena, parfum kesukaanmu, dan 6 kapas yang udah dibentuk bundar. 

Pertama, semprotin parfum ke kapas sebanyak mungkin. Masukkan kapas itu ke toples lalu tuang tepung maizena. Kalo udah selesai, tutup toplesnya rapat-rapat. Kocok dan simpan selama 2 malam. Setelah itu bedak udah siap dipakai. 

Wah, ternyata gampang yah bikin parfum sendiri tuh. Waktunya ngga lama, proses pembuatannya gampang, dan yang pasti murah meriah. Uang jatah beli parfum bisa dipakai buat kebutuhan lain deh yang nggak kalah penting. Mayan banget kan bisa hemat.

– Dikutip dari Trivia.id

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.