Header Ads


Harga Tiket Pesawat Poso-Makasar Melambung, Penumpasng Mengeluh

Pesawat Wings Air yang dipakai untuk penerbangan rute Jambi-Kerinci, Kamis (12/10/2017).


Majalahqqhoki.com, POSO - Tingginya harga tiket pesawat terbang Wings Air rute Poso-Makassar dalam dua pekan terakhir membuat penumpang mengeluh.

Untuk menghindari harga tiket yang tinggi jika berangkat dari Poso, penumpang ada yang memilih berangkat melalui Bandara Mutiara di Palu.

Harga tiket pesawat untuk Poso-Makassar sejak pertengahan April hingga awal Mei 2018 tembus Rp 1.449.000, sedangkan dari Makassar–Poso mencapai Rp 1.500.000.

Nurmiati (30), penumpang asal Poso, mengatakan bahwa tingginya harga tiket rute Poso-Makassar membuatnya harus menunda perjalanan sambil menunggu harga tiket kembali normal. Biasanya, kata dia, harga tiket Poso-Makassar lebih kurang Rp 600.000.

Namun, jika tak dapat menunda atau harus segera ke Makassar, Nurmiati akan naik mobil travel ke Palu dan terbang melalui Bandara Mutiara.

Sebab, harga tiket ke Makassar dari Palu jauh lebih murah, yakni Rp 400.000 ditambah tarif sewa travel Rp 110.000.

"Ini sudah keterlaluan,harga tiket pesawat di Poso sudah sangat mahal, sedangkan kalau di Palu harga tiketnya jauh lebih murah tiga kali lipat meskipun harus naik mobil dulu, tetapi kalau lagi tidak ada uang ya, terpaksa harus lewat Palu saja," ujar Nurmiat

Sementara itu, Manajer Wings Air Poso, Firdaus, Minggu (6/5/2018), membenarkan adanya kenaikan harga yang cukup signifikan dalam dua pekan terkahir untuk tiket pesawat Poso-Makassar.

Agen Sakong Online

Menurut dia, harga tiket pesawa Wings Air untuk Poso–Makassar mencapai angka Rp 1.449.000, sedangkan harga normal pada kisaran Rp.600.000.

‘’Kami di perusahaan hanya menjalankan apa yang menjadi kebijakan dari pimpinan pusat. Nah itulah yang kami terapkan berdasarkan petunjuk yang ada, kalau penyebab kenaikan sendiri saya belum tau pasti, namun kalau dari perusahaan masih sementara dievaluasi termasuk salah satunya masalah biaya bahan bakar yang mengalami kenaikan,’’ ujar Firdaus.

Ia juga menyampaikan, terjadi penurunan jumlah penumpang yang signifikan, yakni 70 persen hingga 80 persen setelah kenaikan harga tiket.

 Ia mengakui, sejak kenaikan harga tiket rute Poso–Makassar, banyak penumpang yang memilih terbang melalui Bandara Mutiara Palu mengingat harga tiket Palu–Makassar hanya berkisar Rp 400.000 ‘’

Saya sudah melaporkan penurunan penumpang ini kepada pimpinan pusat, kita tinggal menunggu kapan dan apakan akan kembali normal harga tiket Poso-Makassar atau sebaliknya mengingat musim libur mudik tinggal satu bulan lebih,’’ kata dia.

Pihak Wings Air cabang Bandara Kasiguncu Poso berharap, kenaikan harga yang cukup signifikan dalam dua pekan terakhir secepatnya bisa kembali normal. Jika hal tersebut bertahan hingga liburan mudik Lebaran, tidak menutup kemungkinan warga Poso memilih jalur penerbangan yang lebih murah yaitu Palu-Makassar.


Sumber dari, Kompas.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.