Header Ads


Kepala Ular Derik Masih Bisa Gigit Walau Dipotong, Kok Bisa?

Kepala Ular Derik Masih Bisa Gigit Walau Dipotong, Kok Bisa?


Majalahqqhoki.com, JAKARTA - Seorang pria di Texas, Amerika Serikat, digigit oleh kepala ular derik yang sebetulnya sudah terlepas dari badannya. Rupanya kemampuan seperti ini bukan hanya dimiliki ular derik saja.

"Itu karena refleks otot. Ular kobra pun bisa. Ular itu ketika dimatikan pun masih gerak karena kontraksi ototnya masih berjalan," papar peneliti LIPI Amir Hamidy kepada detikcom, Kamis malam

Otot kepala adalah yang paling dominan pada tubuh ular. Selain otot, syaraf-syaraf ular pun masih bekerja ketika baru dibunuh.

"Intinya itu ketika kontraksi otot masih jalan walaupun kepala dipotong itu masih jalan, karena ular itu kan syaraf-syarafnya yang bekerja, jadi syaraf di kepala maupun di tubuh. Apalagi dipotong itu langsung ya, bahkan beberapa jam masih bisa mengigit," papar Amir.

Di sisi lain, gerakan agresif dari ular berbisa adalah menggigit. Berbeda dengan ular jenis lain yang juga memiliki kemampuan melilit.

Agen Sakong Online

"Syaraf itu digerakkan oleh ion, apalagi pada posisi yang kepala sudah dipotong justru refleks menggigit, bahkan bisa ular itu dapat maksimal masuk saat pas kepotong itu," kata Amir.

Kelenjar bisa dari ular terletak di kepala. Sehingga ketika kepala sudah terpotong, justru gerakan refleksnya adalah mengeluarkan semua bisa.

Amir menyarankan agar tak menyentuh ular secara langsung meski sudah mati. Jika akan memindahkan, sebaiknya menggunakan perlengkapan khusus.

"Asal jangan ada kontak langsung dengan itu, nggak cuma di Amerika saja kok kasusnya," imbuh dia.

Untuk kasus di Texas, Amerika Serikat, pria yang memiliki istri bernama Jennifer Sutcliffe sedang melakukan kegiatan di kebun rumah mereka. Mereka kemudian melihat ular derik mendekat dengan panjang kira-kira 4 kaki. Suami Sutcliffe saat itu juga mengambil sekop dan memenggal ular itu.

Suami Sutcliffe lalu bermaksud memindahkan kepala ular yang sudah terpisah dari badannya itu. Namun pria itu malah digigit dan 'menerima' seluruh bisa ular tersebut. Sutcliffe selamat dari maut setelah mendapatkan 26 dosis anti-racun.

Sumber dari, Kompas.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.