Header Ads


Ayo, Cek Jadwal dan Rute BRT Gratis Purwokerto-Purbalingga


Majalahqqhoki.com - Pertumbuhan kota Purwokerto dan Purbalingga sama-sama pesat, meski dengan karakteristik yang berbeda. Dibutuhkan moda transportasi yang efektif, murah dan nyaman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kedua daerah ini

Purwokerto kurang lebih dikenal sebagai kota pusat bisnis, belanja dan pendidikan dengan keberadaan sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta.

Adapun Purbalingga, berkembang menjadi kota industri, wisata dan juga, sebentar lagi memiliki bandara komersial, Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJS). Kebutuhan transportasi antara kedua derah ini pun semakin tinggi.

Naga-naganya, harapan masyarakat untuk memperoleh angkutan yang cepat, efektif dan murah sepertinya akan segera terealisasi. Banjarnegara, Banyumas, Purbalingga, Cilacap, dan Kebumen akan terhubung dengan jaringan bus Rapid Transit atau BRT Trans Jateng Koridor Barlingmascakeb.

Bus Rapid Transit atau BRT Trans Jateng Koridor I Purwokerto-Purbalingga, bakal diluncurkan Senin, 13 Agustus 2018 di Terminal Bulupitu Purwokerto sekitar pukul 10.00 WIB. Pada masa uji coba ini, Pemkab Banyumas menggratiskan transportasi besutan pemerintah daerah ini.

Dijadwalkan Gubernur Ganjar Pranowo akan hadir di Terminal Bulupitu Purwokerto untuk melaunching armada BRT ini. Sejumlah armada BRT Trans Jateng pun sudah tiba di Terminal Bulupitu, Jumat lalu.

Secara bertahap, angkutan juga BRT Trans Jateng Koridor 1 Barlingmascakeb , Purwokerto-Purbalingga mulai dikenalkan kepada masyarakat. Salah satu caranya yakni dengan menggratiskan BRT selama tiga hari sejak hari peluncuran.

Agen Poker Online

"Setelah rapat koordinasi pengoperasian BRT Trans Jateng Koridor I rencananya diresmikan Gubernur. Tarifnya gratis," kata Kepala Seksi Transportasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banyumas, Taryono, beberapa waktu lalu.

Uji coba akan dimulai usai peluncuran BRT, sekitar pukul 12.00 WIB. Adapun pada hari berikutnya, waktu uji coba dilakukan sama seperti jam operasional BRT.

Sesuai rencana jam operasional BRT akan dimulai pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. “Saat uji coba, jam operasional sama, kecuali tanggal 13 Agustus, dilakukan setelah peluncuran, sekitar pukul 12.00 WIB,” dia menambahkan.

Saat ini, Armada BRT yang telah tiba di terminal juga sudah diuji coba. Dari uji coba yang dilakukan, ada sejumlah kendala teknis. Kendala teknis tersebut terutama pada kondisi di sekitar shelter atau halte BRT.

Pada shelter BRT di Jalan S Parman misalnya, terhalang pohon. Pohon yang menghalangi pun mesti dipangkas agar tak menghalangi bus. Selain itu, Shelter atau halte bus pun dinilai masih terlalu tinggi. Pemangkasan dahan-dahan pohon yang menghalangi bus sudah dilakukan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Balai Trans Jateng," jelasnya.

Penjabat atau Pj Bupati Banyumas, Budi Wibowo mengemukakan, rencananya, saat peluncuran tersedia delapan unit armada BRT. Sisanya, sebanyak enam bus, akan dioperasikan pada 22 Agustus.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.