Header Ads


Ini yang Harus Diwaspadai dari Tantangan Maut Momo Challenge

Ini yang Harus Diwaspadai dari Tantangan Maut Momo Challenge


Majalahqqhoki.com, JAKARTA -  Sebuah tantangan bernama 'Momo Challenge' tengah viral lantaran diduga menyebabkan sejumlah orang tewas bunuh diri. Orang tua diminta waspada agar putra-putrinya tidak mengikuti tantangan tersebut.

Momo Challenge disebut sebagai suatu permainan tantangan yang tengah viral. Dilansir thesun.co.uk, Minggu (5/8/2018), berdasarkan Computer Crime Investigation Unit di the Mexican state of Tabasco, permainan itu berawal dari Facebook yang para anggotanya ditantang berkomunikasi dengan sebuah nomor tak dikenal.

Kecurigaan polisi atas kematian bocah 12 tahun di Argentina itu dengan Momo Challenge itu karena ditemukan adanya komunikasi antara si bocah dengan sosok yang disebut Momo dalam WhatsApp. Mereka yang memulai tantangan harus berkomunikasi dengan Momo melalui WhatsApp. Dari penelusuran, nomor yang digunakan Momo berasal dari Jepang, Kolombia, dan Meksiko.

Setelahnya mereka akan mendapatkan serangkaian tantangan dalam beberapa hari hingga akhirnya diharuskan bunuh diri pada hari terakhir. Tantangan ini mengingatkan pada Blue Whale Challenge yang menyebabkan 130 korban tewas di Rusia.

Terkait dengan tantangan ini, KPAI mengimbau agar para orang tua mengawasi putra-putrinya agar tidak mengikuti tantangan viral yang membahayakan.

Agen Sakong Online

"Kami mengimbau semua orang tua agar mendampingi anak saat bermain. Pastikan anak bermain dengan waktu yang tepat, konten yang positif, dan mampu memilih sesuai dengan tahapan perkembangan anak," kata Ketua KPAI Susanto, Minggu (5/8/2018).

"Orang tua jangan hanya hadir saat anak menghadapi masalah, tapi harus hadir agar tak muncul masalah. Inilah hal prinsip pengasuhan yang positif," imbuh Susanto.

Sosok 'Momo' yang digambarkan sebagai seorang wanita yang menyeramkan dengan mata melotot itu memang dikabarkan beredar di salah satu platform berbagi pesan instan terbesar di dunia, WhatsApp. Walau begitu, 'permainan' ini disebut berawal dari Facebook yang para anggotanya ditantang berkomunikasi dengan sebuah nomor tak dikenal.

Pihak WhatsApp, yang juga merupakan anak perusahaan Facebook pun memberikan tanggapan terkait aplikasinya yang digunakan sebagai media penyebaran sosok menyeramkan tersebut.

"WhatsApp sangat peduli terkait keamanan para user. Mudah untuk memblok nomor ponsel manapun lewat WhatsApp, dan kami mengajak user untuk melaporkan pesan yang menimbulkan masalah seperti ini kepada kami agar bisa ditindak lanjuti," ujar juru bicara WhatsApp, sebagaimana detikINET kutip dari Fox News, Minggu (5/8/2018).


Sumber dari, Kompas.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.