Header Ads


90 Persen Perusahaan Sudah Lakukan Lindung Nilai


Majalahqqhoki.com - Kepala Departemen Internasional Bank Indonesia, Doddy Zulverdi mengatakan jumlah korporasi yang menjalankan strategi lindung nilai alias hedging makin bertambah. Hingga saat ini, tercatat 90 persen perusahaan yang memiliki utang luar negeri sudah melakukan hedging.

"Yang jelas dari seluruh 2.800 sampai 2.900 perusahaan yang wajib lapor, karena memiliki utang luar negeri kepada BI. Itu mayoritas sudah 90 persen sudah hedging," kata dia saat ditemui, di Jakarta, Senin (10/9/2018)

Bank Indonesia, kata dia, akan terus berupaya mendorong berbagai pihak untuk melakukan hedging. Sebab hedging akan sangat membantu korporasi dalam menghadapi dampak ketidakpastian perekonomian global, seperti depresiasi rupiah.

Agen Poker Online

"Hedging itu sama kayak asuransi. Orang mana sih yang bisa memastikan kapan dia kena celaka dan kena musibah tapi yang penting dia harus meng-cover risikonya," jelasnya.

Bank Indonesia pun akan berupaya untuk mengembangkan berbagai produk hedging sehingga lebih banyak lagi korporasi yang tertarik melakukan lindung nilai.

Yang perlu dilakukan bagaimana mendorong semua pihak terutama yang memiliki risiko nilai tukar. Itu haru berusaha mengasuransikan risikonya dengan hedging," ujar Dodi.

"Makanya BI selalu berusaha agar instrumen hedging bertambah. Supaya makin murah dan makin banyak," tandasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.