Header Ads


2 Penumpang Batik Air Ketahuan Bawa Sabu karena Gerak-geriknya Mencurigakan

2 Penumpang Batik Air Ketahuan Bawa Sabu karena Gerak-geriknya Mencurigakan
Ilustrasi Sabu

Berita Terkini, Jakarta - Petugas pengamanan bandara/aviation security (avsec) Bandara Soekarno-Hatta menangkap pembawa sabu pagi tadi. Petugas avsec tersebut berhasil menangkap 2 orang penumpang maskapai Batik Air.

"Sebetulnya petugas aviation security memang tidak secara khusus ada penugasan tentang narkotika, tapi karena memiliki ilmu yang namanya profiling dia bisa melihat orang yang berperilaku aneh, gesturenya, jalannya kok aneh kemudian ternyata lewat box berbunyi dan dilakukan pemeriksaan," kata Direktur Operasi dan Teknik AP II Djoko Murjatmodjo di Terminal 1C Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (9/7/2016).

Djoko menjelaskan ketika pemeriksaan tersebut ditemukan barang mencurigakan dan kedua tersangka pun akhirnya diajak ke ruangan khusus untuk melakukan body search.

"Itu memang prosedur kita seperti itu, ternyata itu adalah narkoba dan ketika aviation security menemukan seperti itu kewajiban dia sesuai SOP adalah memberi tahu kepolisian dan di sini ada polres bandara ada unit anti narkoba yang siap," kata Djoko.

Menurut Djoko, aviation security tidak pernah secara khusus ditugaskan menjamin waspada narkotika di momen libur lebaran namun ilmu profiling tersebut dinilai sangat membantu dalam kesempatan libur yang diprediksi akan mengalami gangguan keamanan seperti ini.

"Begini, tugas avsec sudah ditetapkan secara internasional untuk menjamin tidak ada barang terlarang bagi penebangan terbawa ke pasawat udara baik oleh penumpang maupun bagasinya nah itulah yang akan kita lakukan, jadi tidak ada penambahan petugas khusus tapi kebetulan avsec dibekali ilmu profiling ya itu membantu," terang Djoko.

(hen)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.