Header Ads


Osteoporosis Bisa Dicegah Dengan Aktif Bergerak Lho

Osteoporosis Bisa Dicegah Dengan Aktif Bergerak Lho

Portal Berita, Jakarta -  Melakukan banyak kegiatan bergerak dapat menyehatkan badan. Selain itu, aktif bergerak bisa memengaruhi penyerapan masa tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis.

Menurut dr Peni Kusumastuti, SpKFR dari RS Premier Bintaro, aktif melakukan banyak gerakan seperti berolahraga dapat membantu mempertahankan kepadatan massa tulang. Apa alasannya?

"Karena otot itu nempel di tulang dan pada saat kita bergerak aktif atau berolahraga massa tulang itu akan tetap padat. Bergerak aktif dapat membantu penyerapan di tulang," tutur dr Peni alam acara Allianz-RS Premier Bintaro Health Talkshow 'Tulang Belakang Sehat, Produktifitas Meningkat' di RS Premier Bintaro, Tangerang, Sabtu (17/9/2016).

dr Peni juga menambahkan ada cara lain yang bisa memengaruhi kepadatan massa tulang selain bergerak aktif. Caranya adalah dengan mengonsumsi kalsium dan mendapat paparan sinar matahari pagi.

"Mengonsumsi kalsium secukupnya aja karena kalsium pada tubuh juga butuh sinar matahari. Sinar matahari bisa membantu mengaktifkan vitamin D yang membantu penyerapan tulang," sambung dr Peni

Hati-hati ketika tubuh dirasa semakin terlihat bungkuk dan pendek. Apalagi ditambah adanya rasa sakit dari tulang leher hingga tulang belakang. Segeralah melakukan pemeriksaan karena hal tersebut merupakan tanda osteoporosis.

"Nah, untuk pemeriksaan bisa dengan Bone Mineral Densitometri (BMD). Pemeriksaan ini bisa mendiagnosis dengan tepat," imbuh dr Peni.

(hen)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.