Header Ads


Sidak Rutan Kebonwaru, Kemenkum HAM Jabar Sita Ratusan Ponsel

Sidak Rutan Kebonwaru, Kemenkum HAM Jabar Sita Ratusan Ponsel


Majalahqqhoki.com, BANDUNG  -  Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Rutan Klas 1 Bandung usai video pesta narkoba di Rutan Salemba tersebar. Tak ditemukan narkotik, petugas justru mendapati ratusan ponsel.

Sidak dilakukan tadi pagi, Kamis (13/9/2018) yang dipimpin langsung Kakanwil Kemenkum HAM Jabar Ibnu Chuldun. Sidak dilakukan ke seluruh blok kamar hunian para napi dan tahanan di Rutan Klas 1 Bandung Kebonwaru di Jalan Jakarta, Kota Bandung.

"Kami melaksanakan sidak ini sebagai bentuk kontrol dari wilayah terhadap lapas dan rutan di Jawa Barat," kata Ibnu dalam keterangannya.

Sidak dilakukan sejumlah petugas lain saat para warga binaan yang jumlahnya 1.375 tahanan dan napi dikumpulkan untuk mendapat pengarahan dari Kakanwil Kemenkum HAM Jabar. Saat itulah petugas lain masuk ke dalam sel.

Agen Sakong Online

"Hasilnya tidak ada narkotik. Akan tetapi pak Kakanwil meminta para warga binaan untuk menyerahkan secara sukarela barang terlarang yang tidak boleh ada di dalam.

Akhirnya mereka menyerahkan HP (handphone) mereka. Jumlahnya ada 150 HP dan 80 charger," kata Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Kebonwaru Bandung Alviantino.


Barang elektronik itu lantas dikumpulkan. Petugas langsung mengeksekusi dengan cara menghancurkan barang bukti ponsel di hadapan para napi dan tahanan Rutan Kebonwaru Bandung.

Berkaitan dengan video pesta narkotik di Rutan Salemba, dia mengklaim selama ini hal serupa tak terjadi di Rutan Kebonwaru. Beberapa temuan narkotik, sambung dia, berhasil digagalkan.

"Dalam tahun ini ada 3 kasus barang yang mau dimasukkan ke dalam kita gagalkan. Pelakunya kita isolasi. Jadi bisa ditekankan tidak semua tempat seperti rutan ini bisa disebutkan ada pesta narkoba," tuturnya.

Video pesta narkotik di Rutan Salemba beredar. Video tersebut sempat ditayangkan dalam program Mata Najwa di Trans7 yang disiarkan kemarin malam.


Sumber dari,Detik.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.