Header Ads


8 Fakta Ilmiah Tentang Ketertarikanmu Terhadap Seseorang Dilihat Dari Ilmiah




Majalahqqhoki - Berdasarkan penelitian psikologis yang dilakukan oleh Eric Barker, ia menuangkan hasilnya dalam tulisan yang berjudul Barking Up The Wrong Tree terkait penjelasan ilmiah rasa ketertarikan seseorang pada orang lain. Ada pandangan-pandangan yang selama ini disangka hanya melibatkan perasaan dan hati, tapi ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah. Bahkan ketika kamu menganggap seseorang menarik dan mencuri pandang ke dia beberap kali itu bisa dijelaskan secara ilmiah. Apa saja fakta yang Eric Barker kumpulkan? Ini 8 di antaranya :


1. Pria sangat tertarik dengan wanita yang mengenakan pakaian merah

Penelitian membuktikan bahwa ketika pria berinteraksi dengan wanita yang mengenakan pakaian warna merah, ia akan cenderung lebih berani menanyakan hal-hal yang akan mendekatkannya padanya. Komunikasi pun dirasa lebih intens ke yang berbaju merah jika diberikan pilihan wanita berwarna pakaian lain.


2. Mayoritas wanita memang tergila-gila dengan pria yang menyukai hewan peliharaan sama
    dengan kesukaannya

Nicolas Gu├ęgen melakukan 4 penelitian untuk menyimpulkan fakta ini. Dengan adanya hewan peliharaan di sekitar seorang pria, besar kemungkinan orang lain akan menuruti minimal satu permintaan dari pemilik hewan peliharaan tersebut. Terutama ketika seorang pria ingin meminta nomor telepon seorang wanita, lebih tinggi probabilitas ia memberikannya ketika pria tersebut membawa anjing, kucing, dsb. Ini gak berlaku jika wanita yang membawa hewan peliharaan.


3. Wanita suka dicium dibagian leher dan pria tidak tahu alasannya kenapa

Berdasarkan interview dengan William Cane, sebagai penulis "The Art of Kissing", titik cium favorit wanita selain di bibir adalah di leher. Data menunjukkan sejumlah 96 persen wanita suka dicium di leher sedangkan pria hanya 10 persen. Jadi kebanyakan pria gak percaya bahwa wanita suka dicium di leher karena kebanyakan para pria gak merasakan apa-apa jika dilakukan padanya.


4. Suaramu berubah ketika kamu berbicara dengan orang yang kamu anggap menarik

Sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa kedua jenis kelamin sama-sama menggunakan suara berat atau rendah dan menunjukkan ketertarikan fisiologis dalam level yang lebih tinggi ketika berbicara dengan orang yang dianggapnya menarik. Penelitian ini dilakukan kepada banyak orang yang dipasangkan bergantian dan suara mereka memang berubah-ubah terutama dalam konteks rendah tingginya nada.


5. Bukan salahmu jika kamu tidak bisa melepaskan pandangan dari orang yang menarik

Penelitian membuktikan bahwa kita cenderung gak bisa melepaskan pandangan lebih lama pada orang yang menarik daripada yang kurang dianggap menarik. Penelitian dilakukan dengan melewatkan sekilas banyak gambar bermacam orang pada para responden. Hasilnya mereka melihat lebih lama pada yang secara umum dianggap menarik. Hayo, yang biasa curi-curi pandang di tempat umum, hati-hati ketahuan ya!


6. Wanita tertarik dengan pria kaya, sedangkan pria tidak peduli dengan ekonomi wanita

Sumber: Jurnal "Effect of manipulated prestige-car ownership on both sex attractiveness ratings", from Br J Psychol. 2010 Feb;101(Pt 1):69-80. Epub 2009 Mar 19

Penelitian dilakukan dengan model pria dan wanita yang sama, tapi mereka diletakkan di dua mobil berbeda secara bergantian: mobil mewah dan mobil kelas menengah. Para wanita memberi rating tinggi soal tingkat ketertarikan, ketika model pria tersebut terlihat menggunakan mobil mewah. Saat model pria yang sama menggunakan mobil kelas menengah, para wanita memberi rating lebih rendah. Sedangkan untuk model wanita ketika ia menggunakan mobil yang manapun, rating dari para pria tetap sama.


7. Orang yang suka selingkuh wajahnya lebih mudah diingat oleh orang lain daripada yang
    tidak selingkuh

Tunggu, untuk kamu yang merasa suka selingkuh jangan senang dulu. Bukan berarti wajahmu spesial, tapi justru karena wajah orang yang suka selingkuh itu terbilang "pasaran". Penelitian membuktikan bahwa banyak orang merasa pernah melihat wajah orang yang suka selingkuh, padahal mereka belum pernah bertemu sama sekali. Itu karena kebanyakan fitur wajah orang yang hobi selingkuh itu sama.


8. Patah hati ternyata bisa menyebabkan serangan jantung

Lebih dari 2 persen kematian karena serangan jantung itu disebabkan karena patah/sakit hati. Menurut penelitian, perceraian diketahui mampu mengurangi ekspektansi hidup seseorang sampai 3,7 tahun. Jadi jaga benar hatimu dan berlatihlah untuk gak terlalu terlarut dalam sakit hati atau kegalauan.

Lain kali ketika kamu merasakan perasaan suka, sayang, cinta, patah hati, kangen, kecewa; kemudian kamu bertanya-tanya tentang solusinya karena merasa gak nyaman, maka kamu perlu cari tahu penjelasan ilmiahnya. Bisa saja fakta-fakta ilmiah tentang kegalauan itu akhirnya menenangkan perasaanmu. Yang mana yang paling sering kamu rasakan dari 8 fakta di atas?






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.