Header Ads


Jaga Kesehatan Mental Dengan 5 Sikap Ini



Majalahqqhoki - Melihat dari World Mental Health Day yang jatuh pada 10 Oktober 2018 kemarin. Tentu menjadi pengingat bahwa kesehatan mental adalah sesuatu yang penting untuk dijaga kesehatannya.

Di samping itu World Mental Health Day dapat dijadikan ajang refleksi sudah sejauh mana kita mencintai diri kita.

Berkaitan dengan hal tersebut di bawah ini ada beberapa sikap yang sangat berperan besar mencegah atau mengatasi timbulnya gejala-gejala gangguan kesehatan mental. Langsung simak aja yuk.


1. Perbanyak Ibadah

Hal yang terbilang sangat penting jika ingin kesehatan mental terjaga adalah dengan meningkatkan sisi spritual dirimu. Memperbanyak ibadah tentu dapat menjadi tembok kokoh mencegah munculnya gangguan kesehatan mental.


Dengan seringnya kamu beribadah tentu menjadi ajang refleksi dan perenungan akan apa yang telah kamu lakukan selama ini. Hasilnya tentu kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan dengan jiwa yang lebih sehat lagi.


2. Jangan Terlalu Tenggelam dalam Kesibukan

Sibuk adalah hal yang sangat sering menjadi penyebab timbulnya gangguan kesehatan mental. Aktivitas kerja, kuliah, sekolah hingga hal-hal yang sangat menyita waktu tentu harus kamu atur porsinya mulai dari sekarang.


Jangan sampai kamu terlalu tenggelam dalam kesibukan hingga lupa bahwa dirimu juga perlu diberi asupan akan hal-hal yang bisa meningkatkan kesehatan mentalmu.


3. Terbukalah Jika Sedang Mendapat Masalah

Masalah jika dipendam seorang diri pada akhirnya akan menjadi sebuah masalah besar yang sulit terselesaikan. Salah satu sikap yang perlu kamu lakukan agar masalah tersebut tidak menjadi sebuah gangguan kesehatan mental adalah bersifat terbuka.

Cobalah berinteraksi dengan teman, keluarga atau sahabatmu jika kamu masih tidak terlalu percaya mendiskusikan masalahmu dengan orang lain. Hal tersebut tentu akan berefek positif karena pikiranmu akan lebih terbuka dan sangat membantu.


4. Manjakan Diri Anda

Dirimu bukan robot yang harus bekerja terus menerus. Kamu adalah manusia yang perlu waktu untuk istirahat. Langkah pentingnya adalah atur jadwalmu untuk kamu memanjakan dirimu.

Tidak boleh ada hal apapun yang berkaitan dengan pekerjaan dalam hari tersebut, karena hari tersebut adalah harimu. Kamu bisa bebas melakukan hobi, bersantai bahkan hingga tidak melakukan apa-apa.


5. Jelajahi Alam

Berpetualang adalah salah satu sikap yang ampuh untuk mencegah timbulnya gangguan mental. Dengan melihat berbagai hal-hal yang belum pernah kamu liat disuntuknya gedung-gedung perkotaan.


Menjelajah alam dengan melihat rimbunnya hutan dan gunung nyatanya justru membuat mental menjadi lebih baik dan lebih segar.


Kesehatan mental adalah hal yang sangat penting untuk kamu jaga kesehatannya. Tidak hanya tubuh, pikiranmu pun perlu dirawat guys.




Majalahqqhoki

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.