Header Ads


Jangan Langsung Mandi Setelah Berolahraga. Ini Dia 6 Bahayanya




Berolahraga tentunya membuat tubuh kita kelelahan dan berkeringat. Membayangkan segera mandi untuk membasuh tubuh kita dengan air segar setelah berolahraga tentu terasa sangat menyenangkan dan menyegarkan.

Namun, seringkali orang tua kita dulu melarang kita untuk langsung mandi pasca berolahraga. Kendati waktu kecil kita mendengarkan nasihat itu seperti kurang masuk akal, ternyata wejangan tersebut bukan hanya mitos, lho!

Saat berolahraga, sangat dianjurkan untuk terlebih dahulu melakukan pemanasan agar otot-otot yang kaku menjadi regang dahulu supaya menghindari cedera. Begitu juga dengan pendinginan setelah berolahraga.

Usai olahraga tubuh kita akan panas dan tekanan darah juga meningkat. Jika kita langsung mandi tanpa mendinginkan tubuh kita lebih dulu, siap-siap deh mendapatkan enam resiko di bawah ini.


1. Risiko pusing

Perubahan suhu yang terjadi teralu drastis, sehingga membuat tubuh kita terkejut dan mengakibatkan sakit kepala atau pusing.


2. Mudah terserang flu

Memang segera mandi setelah berolahraga membuat tubuh terasa lebih cepat segar kembali. Namun ternyata, tahukah kamu jika kondisi tersebut ternyata adalah momen melemahnya daya tahan tubuh kamu?  Pada saat-saat ini lah tubuhmu jauh lebih rentan terhadap berbagai virus, utamanya virus flu.


3. Penyempitan pembuluh darah dan menggigil

Dalam kondisi yang masih berkeringat setelah olahraga, suhu tubuh kita masih panas dan apabila terkena air akan membuat perubahan suhu di tubuh kita menjadi tidak stabil. Dampak yang bisa langsung terasa apabila air memasuki tubuh melalui pori-pori yang terbuka ini adalah menggigil.


4. Risiko serangan jantung

Tak hanya peredaran darah dan hawa tubuh, namun kinerja jantung juga meningkat saat kita berolahraga. Jantung bekerja mengedarkan darah ke seluruh tubuh lebih ekstra dari biasanya.

Maka dari itu, pendinginan setelah olahraga juga dibutuhkan untuk mengembalikan kinerja jantung hingga normal. Bukan tidak mungkin langsung mandi setelah olahraga dapat membuat shock hingga terkena serangan jantung.


5. Risiko nyeri sendi hingga rematik

Tidak hanya mandi malam saja, ternyata mandi sesaat setelah olahraga juga dapat membuat tubuh kita menjadi rentan terhadap risiko nyeri sendi hingga rematik. Hal ini terjadi akibat tubuh yang harusnya melepas keringat, malah terhambat dengan masuknya air yang digunakan untuk mandi.


6. Fungsi kelenjar keringan menurun

Pori-pori akan terbuka ketika kita selesai berolahraga. Lalu, kelenjar keringat akan melakukan tugasnya mengeluarkan hawa panas dan sisa racun dari tubuh. Nah, jika kamu langsung mandi saat fungsi-fungsi tubuh ini sedang bekerja, ke depannya kinerja dari sistem kelenjar keringat itu sendiri akan menurun dan berdampak bagi kesehatanmu di kemudian hari.

Itu tadi beberapa resiko yang mungkin terjadi saat kita langsung mandi sesaat setelah berolahraga. Eits, tapi bukan berarti kalian tidak boleh mandi, lho!

Kalian harus tetap mandi untuk menghilangkan kuman dan bau badan yang melekat di tubuh pasca olahraga. Tapi, lebih baik untuk tidak lupa melakukan pendinginan terlebih dahulu, ya!



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.