Header Ads


Mengapa Pria Lebih Cepat Menurunkan Berat Badan di Banding Wanita? Ini alasannya!



Ladies, mungkin kalian menyadari fakta bahwa para pria cenderung lebih cepat kehilangan berat badan dan betapa tidak adilnya hal itu. Ada beberapa alasan tentang adanya perbedaan fisiologis yang memang di luar kendali kita semua.

Setelah mengetahui faktor-faktor perbedaan yang ternyata memang ada antara pria dan wanita di bawah ini, semoga kalian tetap menjalankan program penurunan berat badan cara kalian sendiri ya.

Karena, selalu membandingkan hasil dengan para pria, meskipun cara yang dilakukan sama, membuat kalian berpikir bahwa usaha kalian tidak ada kemajuan dan membuat kalian lebih mudah menyerah.


1. Wanita lebih baper terhadap makanan

Menurut studi para peneliti di Brookhaven National Laboratory, menyebutkan bahwa para pria jauh lebih baik mematikan hasratnya saat mencium aroma atau meihat penampilan suatu makanan. Sedangkan untuk wanita, jika sudah berurusan dengan makanan, bahkan mereka bisa bertindak layaknya perang dalam diri mereka sendiri terlebih dahulu. Dan tentunya hal itu butuh tenaga ekstra.


2. Respon tubuh wanita lebih lambat ketika olahraga

Menurut sebuah penelitian, tubuh pria merespon lebih cepat saat sedang berolahraga. Sedangkan bagi para wanita, ketika berolahraga tubuh mereka merespon lebih lambat, bahkan tak jarang tubuh wanita harus beralih dulu ke mode kelaparan atau kelelahan sebelum benar-benar dapat mencernakan work-out yang sedang dilakukan.


3. Pria memiliki lebih banyak otot

Tubuh pria memiliki 10-15 persen lebih banyak otot dibandingkan dengan yang dimiliki wanita. Ini yang menyebabkan pria lebih mudah menurunkan berat badan karena semakin banyak otot yang dimiliki maka semakin banyak kalori dapat terbakar.


4. Kadar estrogen wanita lebih banyak

Wanita memiliki kadar estrogen yang lebih tinggi daripada pria. Kadar estrogen adalah hormon yang berfungsi untuk menjaga lemak di tubuh wanita. Hemat kata, 'lemari' lemak di tubuh wanita lebih besar dari pria.


5. Distribusi lemak yang berbeda

Kelebihan lemak pada pria biasanya tertimbun di perut bagian bawah. Sedangkan pada wanita, lemak berlebih biasanya menumpuk di pinggul dan pantat. Secara psikologis, hal ini membuat pria terlihat lebih mudah kehilangan berat badan, padahal kenyataannya mereka sedang tidak kehilangan berat badan sama sekali.


6. Kapasitas paru-paru wanita lebih kecil

Kapasitas paru-paru para wanita lebih kecil dibandingkan dengan pria. Sehingga, seringnya para wanita seakan harus melakukan usaha lebih keras walaupun melakukan olahraga yang sama dengan pria.

Mulai sekarang, berhenti membandingkan usaha-usaha menurunkan berat badan kalian dengan para pria ya, girls! Nyatanya memang udah beda dari sananya, sih.





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.