Header Ads


5 Tips Supaya Buah Tidak Cepat Menguning





Majalahqqhoki - Bagi mereka yang sedang menjalani proses diet, tentunya akan banyak mengkonsumsi buah-buahan segar yang lezat dan sehat. Sayangnya sesaat setelah memotong buahan seperti apel, pir dan jambu; permukaan buah-buahan ini akan berubah warnanya menjadi coklat sehingga tidak terlihat menarik dan tidak segar.

Tapi ternyata kamu bisa mencegah proses perubahan yang terjadi karena oksidasi ini dengan 5 trik mudah ini.


1. Cara memotong

Salah satu cara untuk memperlambat proses oksidasi yang membuat buah-buahan menguning adalah dengan memotong buah-buahan tersebut pada air yang mengalir.


2. Rendam potongan buah ke dalam ginger ale

Minuman berkarbonasi dengan rasa jahe ini ternyata juga dapat memperlambat proses oksidasi. Caranya mudah sekali, rendam buah yang telah dipotong di dalam ginger ale, pastikan bagian buah terendam seluruhnya.


3. Bisa juga rendam di dalam air garam supaya buah gak menguning

Tidak hanya ginger ale, alternatif yang lebih murah dan mudah ditemukan untuk memperlambat menguningkan buah-buahan yang telah dipotong adalah air garam. Larutkan setengah sendok garam ke dalam setengah mangkuk air. Rendam buah-buahan yang telah dipotong selama 2 menit.


4. Nah, merendam di dalam air madu juga ampuh lho!

Jika kalian takut air garam akan mempengaruhi rasa dari buah-buahan yang kalian potong, salah satu alternatif lainnya adalah air madu. Larutkan 1 sendok makan madu dengan secangkir air hangat. Biarkan buah terendam selama 30 detik agar buah-buah tersebut tetap terlihat segar sehingga 8 jam!


5. Bisa juga mencegah buah menguning dengan asam sitrat

Buah-buah yang mengandung asam sitrat seperti nanas, jeruk, dan lemon ternyata dapat membantu memperlambat terjadinya oksidasi pada buah yang baru kamu potong. Campurkan satu sendok makan air lemon dengan sedikit air dan rendam buah-buahan yang telah dipotong selama 2 menit.





Majalahqqhoki

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.