Header Ads


Apakah Sering Memakai Topi, Membuat Cowok Cepat Botak? Ini Penjelasan Ahli




Majalahqqhoki - Dari dulu, topi gak hanya digunakan untuk melindungi kepala dari terik sinar matahari, melainkan juga untuk bisa tampil modis. Itu sebabnya, topi banyak dipadukan dalam beragam pakaian yang digunakan pria dan wanita. Meski begitu, benarkah kalau memakai topi bikin cowok cepat botak? Berikut penjelasan para ahli.


1. Pertumbuhan rambut berkaitan dengan hormon testosteron pada pria

Dilansir dari jurnal Plastic and Reconstructive Surgeons, James Gatherwright bersama tim peneliti dari Amerika serikat mencoba mengamati kebiasaan memakai topi terhadap kebotakan. Penelitian tersebut melibatkan 92 pria kembar identik dan 98 perempuan kembar identik.

Namun, kedua penelitian tersebut dilakukan secara terpisah. Para ahli mencoba mengukur lama pemakaian topi dan kadar hormon testosteron pria dan wanita.


2. Kekurangan hormon testosteron menyebabkan rambut menipis dan botak dari waktu ke waktu

Para peneliti menemukan bahwa semakin sedikit kadar hormon testosteron seseorang, semakin besar kemungkinan seseorang akan mengalami penipisan rambut hingga terjadi kebotakan.


3. Para ahli menemukan bahwa pria akan mengalami kebotakan kepala bagian samping

Semakin lama pria memakai topi, semakin cepat pula kerontokan rambut kepala bagian samping.


4. Meski begitu, hal tersebut gak terbukti membuat rambut perempuan jadi gampang rontok

Uniknya, para peneliti menemukan bahwa hal ini gak terjadi pada perempuan.


5. Namun, ada banyak faktor lain yang menyebabkan kebotakan, salah satunya karena faktor genetik

Ternyata, gak hanya karena topi, kebotakan pada pria juga bisa disebabkan oleh banyak faktor. Adapun, salah satunya adalah adanya hormon dihidrotestosteron (DHT). Hormon ini bersifat genetik dan membuat pria yang memiliki hormon tersebut akan mengalami kebotakan.


6. Pemakaian topi menyebabkan kebotakan karena jenis topi dan lamanya waktu pemakaian

Ternyata, sebab topi bisa menyebabkan kerontokan tergantung jenis topi dan lama pemakaiannya. Pemakaian yang terlalu lama akan membuat rambut dan kulit kepala sulit bernapas, alias kekurangan oksigen, sehingga lama kelamaan menjadi menipis.


7. Selain itu, juga disebabkan pemakaian topi yang terlalu ketat

Topi yang terlalu ketat akan menghalangi suhu panas keluar dari kulit kepala. Hal itu menyebabkan aliran darah ke folikel rambut menjadi terhambat. Lama-lama, batang rambut mulai melemah dan rontok satu demi satu.


8. Meski begitu, kabar baiknya ini hanya bersifat sementara

Jika kamu mulai melepas topimu, lama-kelamaan rambutmu akan tumbuh kembali dan menguat. Itu karena rambutmu mulai bisa bernapas dengan lega.

Untuk itu, bijak-bijak ya memakai topi. Boleh saja memakai topi, namun jangan lama-lama. Apalagi, kalau rambutmu mulai rontok. Lebih baik, sementara copot topi dulu ya!





Majalahqqhoki

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.