Header Ads


Ini 8 Cara Untuk Mencegah Gigi Berlubang!




Majalahqqhoki - Ada beberapa kebiasaan sederhana yang dapat menyelematkan gigimu dari kerusakan, yang menyebabkan gigi berlubang. Dilansir dari berbagai sumber, beberapa kebiasaan di bawah ini sangat mudah untuk dilakukan di tengah aktivitasmu sehari-hari kok. Apa saja? Simak yuk!


1. Mengurangi minuman bersoda

Anak-anak dan penggemar minuman bersoda wajib mengetahui poin yang satu ini. Minuman soda mengandung pH di bawah 5,5 sehingga dapat menyebabkan gigi berlubang. Jika ada pilihan lain, pilihlah air putih atau susu untuk menjaga kesehatan gigi.


2. Mengurangi makanan yang mengandung gula tinggi

Makanan manis mengandung gula yang tinggi akan mempengaruhi kesehatan gigi. Karena dalam mulut terdapat bakteri yang dapat mengerogoti sisa-sisa makanan termasuk yang mengandung kandungan gula tinggi sehingga mempercepat gigi berlubang. Usahakan untuk mengurangi makanan yang mengandung gula tinggi seperti dalam kue kering, biji-bijian, sayur-sayuran, buah-buahan dan permen.


3. Kurangi minuman yang mengandung kafein

Minuman yang mengandung kafein terdapat dalam kopi, teh dan coklat panas. Aneka minuman panas ini bila dikonsumsi secara berlebihan akan merusak gigi hingga ke bagian dalam. Lapisan enamel gigi akan terkikis akibat kandungan kafein. Bila kebiasaan ini sulit untuk dikurangi, minimal berkumur-kumur setiap selesai meminum minuman berkafein.


4. Jangan merokok

Perokok aktif sering kita jumpai memiliki gigi yang menguning hingga rusak. Setiap kali merokok, rokok akan membuat mulut menjadi kering yang mempengaruhi air liur dalam mulut.


Padahal kandungan air dalam mulut ini memiliki fungsi protektif terhadap gigi berlubang. Ditambah kandungan berbagai zat yang terdapat pada setiap tembakau dalam rokok, sehingga dapat menyebabkan sakit gigi hingga berlubang.


5. Rajin minum susu

Dari generasi ke generasi, susu dikenal mengandung kalsium yang tinggi. Selain kandungan yang baik didalamnya, susu dapat mencegah gigi berlubang.


6. Hindari menggigit makanan yang keras

Beraneka makanan memiliki tekstur yang keras seperti coklat, kacang-kacangan, permen, popcorn, cookies, bagel atau kue kering. Apabila memakan makanan yang keras jangan langsung dikunyah, tapi usahakan mengemutnya hingga lembut terlebih dahulu, baru ditelan. Hal yang terkesan "sepele" ini perlu dilakukan untuk menghindari sakit gigi hingga berlubang.


7. Rajin menyikat gigi

Kebiasaan menyikat gigi secara teratur dua kali sehari dapat melindungi gigi dari bakteri-bakteri yang tersisa dari makanan maupun minuman. Bakteri-bakteri ini kalau dibiarkan akan sangat bisa menyebabkan gigimu rusak dan berlubang.


8. Periksa  gigi setiap 6 bulan sekali

Sangat dianjurkan oleh para ahli gigi untuk memeriksa kesehatan gigi setiap 6 bulan sekali. Penanganan dan langkah yang tepat dapat mengurangi resiko gigi berlubang maupun masalah gigi lainnya.


Nah, coba untuk lakukan itu semua setiap hari ya. Jangan sampai menyesal setelah merasakan sakitnya ya.





Majalahqqhoki

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.