Header Ads


5 Makanan Tradisional yang Terkenal Karena Bumbu Khasnya! Pernah Coba?



Majalahqqhoki - Makanan tradisional Indonesia emang nggak bisa diremehkan cita rasanya ya guys. Tiap daerah punya makanan khas dengan keunikan masing-masing. Tapi, mungkin beberapa makanan tradisional nggak sesuai dengan lidah kamu, guys. Nah, kamu nggak perlu khawatair, karena lima makanan tradisional khas Bali dan Sulawesi ini punya bumbu dan cita rasanya yang endhes banget. Pasti cocok deh sama lidah kamu. Udah pernah coba belum?


1. Ayam Betutu Gianyar

Salah satu makanan khas Bali yang terkenal banget adalah ayam betutu. Nah kalau kamu ke Bali, kamu harus mencoba Ayam Betutu Gianyar yang banyak diburu oleh wisatawan. Berbeda dengan ayam betutu lainnya, Ayam Betutu Gianyar memiliki cita rasa yang kaya akan rempah-rempah. Rasanya yang tidak terlalu pedas ini memiliki proses pemasakan yang cukup rumit lho. Ayam tersebut dibungkus menggunakan pelepah pinang kemudian dibakar dalam bara sekam padi selama 12 jam lebih sehingga menghasilkan ayam yang empuk dan gurih karena kekayaan bumbu yang meresap ke dalam daging ayam.


2. Nasi Pedas Bu Anik

Masih dengan makanan khas Bali, buat kamu yang doyan makan pedas, ada baiknya buat cobain makanan yang satu ini. Di Bali, Nasi Pedas Bu Anik ini terkenal banget lho. Sebenarnya nasi pedas ini hampir mirip dengan nasi campur khas Jawa, hanya beda di rasa saja. Walau di Bali banyak Nasi Pedas yang dijual, tapi Nasi Pedas Bu Aniklah yang paling dicari. Jelas saja, masakan ini kaya akan rempah-rempah dan berani dengan rasa pedasnya. Wah, jadi laper!


3. Coto Makassar H Daeng

Sekarang beralih ke Sulawesi. Nggak lengkap rasanya makanan yang satu ini nggak kamu coba. Kalau ke Makassar kamu wajib banget cobain Coto Makassar H Daeng yang terkenal di sana. Rasanya yang super gurih bakalan bikin kamu lahap memakannya. Beda dari Coto khas Makassar lainnya, Coto Makassar H Daeng ini punya kekentalan kaldu, bawang putih, sambal dan buras, sejenis kue beras dengan santan yang nggak bisa diremehin.


4. Bakso ati raja

Bakso memang sudah ada di mana-mana guys. Tapi jangan salah dulu, di Makassar ada Bakso yang nggak boleh kamu lewatkan. Yups, Bakso Ati Raja yang telah berdiri sejak 1955 ini sangat terkenal di Makassar. Terdiri dari bakso goreng  dan bakso sapi ini, Bakso Ati Raja berhasil memikat hati para penikmat kuliner. Ciri khas bakso ini terbuat dari daging asli 100 persen lho, jarang nemu yang begini kan? Sapi yang digunakan adalah sapi lokal Makassar yang berasal dari pemotongan sapi terdekat. Jangan tanya soal rasanya guys, udah dipastikan rasanya enak dan segar.


5. Pallubasa onta

Pallubasa adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Tenang saja guys, walau terbuat dari jeroan hewan, tapi Pallubasa Onta ini terbuat dari jeroan sapi kok. Kata onta berasal dari alamat tempat jualannya. Nah, Pallubasa Onta ini ternyata pertama kali lho di Makassar. Urusan rasa nggak usah diragukan lagi guys, dagingnya yang begitu empuk, serta telur kuningnya pun tidak menimbulkan bau amis. Apalagi kuahnya yang sangat kaya akan rempah-rempah pilihan.


Sampai sini, udah seberapa besar rasa lapar kamu guys? Karena IDN Times udah bikin ngiler kamu, jangan khawatir. Kamu nggak perlu jauh-jauh terbang ke Bali dan Sulawesi hanya karena mau cobain lima makanan di atas. Ada Grabfood Nusantara yang bakalan manjain perut kamu lho guys. Kamu bisa langsung pesan aja di Grabfood ya, periodenya dari 6 sampai 19 Desember 2018.

GrabFood Nusarasa sendiri merupakan festival makanan Indonesia yang bikin kamu bisa nikmatin #RasaAsliIndonesia. Nah, GrabFood Nusarasa bakal menghadirkan makanan khas Bali dan Sulawesi yang sudah IDN Times sebutkan di atas. Kamu tertarik yang mana guys? Jangan lupa pesan sekarang ya! Cocok banget nih buat nemenin makan siangmu.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.