Header Ads


Hati-hati Terhadap Polusi Udara! Ini 9 Penyakit yang Dibawanya!



Majalahqqhoki - Apakah kamu tahu setidaknya tujuh juta orang di dunia ini meninggal karena terkena polusi udara? Pencemaran tersebut menyebabkan penyakit-penyakit mengerikan dan karena itu polusi udara juga disebut sebagai pembunuh diam-diam.

Pada 2012 saja diperkirakan ada 6,5 juta yang telah meninggal. Itu berarti lebih 10 persen populasi dunia yang meninggal karena ini. Lebih mengerikan lagi karena yang menghirup itu kebanyakan adalah orang kota yang mana mencapai 90 persen populasi di sana.

Seperti yang telah dikatakan, banyak penyakit muncul dari polusi ini dan pastinya kebanyakan menyerang sistem pernapasan. Kira-kira apa sajakah penyakit yang ditimbulkan dari polusi udara?


1. Asma

Penyakit paling umum diderita oleh manusia yang tinggal di area udara kotor. Asma membuat terjadinya peradangan pernapasan tiba-tiba dan membuat sang penderita kesulitan bernapas.

Banyak materi yang menyebabkan hal ini. Mulai dari oksidasi sulfur hingga nitrogen. Asap rokok pun dapat menyebabkan hal ini, jadi mereka yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat asma disarankan tidak merokok di depan penderita.


2. Kanker paru-paru

Ini adalah penyakit yang diderita almarhum istri Indro Warkop. Penyakit ini melibatkan pertumbuhan sel yang tidak terkontrol di salah satu atau kedua paru yang kita miliki.

Dengan menderita ini, kapasitas oksigen yang dihirup akan berkurang dan perlahan-lahan menggagalkan organ paru. Penyakit ini dapat sembuh, tapi tergantung tipe dan level infeksinya.


3. Penyakit paru obstruktif kronik

Telah dijelaskan di artikel yang lain jika penyakit ini menjadi salah satu penyakit paling mematikan yang banyak membunuh orang. Polusi udara merubah bentuk alveoli paru-paru hingga membuncit dan membuat sang penderita tidak bisa bernapas ketika duduk atau tidak melakukan apa-apa. Umumnya yang sering menderita penyakit ini adalah mereka yang bekerja di tambang atau pekerjaan yang banyak berkutat dengan debu.


4. Leukemia

Kanker darah putih yang disebabkan adanya eksposur penguapan bensol. Penyakit ini sangat fatal yang mana hampir membunuh seluruh penderitanya. Peningkatan sel darah putih menyebabkan infeksi yang lebih parah dan menggagalkan sistem pernapasan.


5. Pneumonia

Polusi udara tidak hanya membawa materi dan zat kimia yang berbahaya, tetapi juga bakteri. Penyakit pneumonia akan semakin parah jika sang penderita terus menerus berada di lingkungan berudara kotor yang mana itu bisa diikuti penyakit lain dan menyebabkan komplikasi.


6. Cacat lahir dan kegagalan sistem imun

Ada beberapa kecacatan yang bisa diperoleh bayi dalam kandungan yang memiliki ibu hidup di lingkungan berudara kotor. Yang pertama adalah lemahnya sistem imun untuk melawan infeksi, mudah batuk dan demam, serta munculnya alergi-alergi tertentu. Bahkan terdapat studi yang menunjukkan adanya terkena autisme gara-gara polusi udara.


7. Melemahnya fungsi paru

Walaupun tingkat polusi udaranya tidak tinggi, namun sedikit banyak akan ada gangguan kesehatan yang dihasilkan. Salah satu yang paling umum adalah melemahnya kemampuan dan fungsi paru.

Bentuk gangguan ini ada banyak. Bisa jadi timbul alergi-alergi tertentu, susahnya bernapas ketika melakukan kegiatan berat hingga sering terkena batuk dan demam.


8. Penyakit-penyakit kardiovaskular

Ini berhubungan dengan fungsi jantung. Tidak jarang karena polusi udara, serangan jantung dapat terpicu dan dapat menyebabkan stroke. Itu semua tergantung seberapa banyak dan seberapa tinggi tingkat polusi udara yang dihirup.


9. Kematian prematur

Ada kalanya polusi udara tidak membunuh lewat penyakit-penyakit, melainkan langsung membunuh mereka yang menghirup. Ibaratnya seperti menghirup racun.

Reaksi tubuh yang ekstrem membuat organ-organ di dalam tubuh, khususnya pernapasan, mati seketika. Tiap tahun setidaknya terdapat beberapa kasus seperti ini di seluruh dunia akibat polusi udara.

Polusi udara begitu berbahaya. Karena itu gunakanlah alat-alat pembantu pengurang polusi seperti masker dan juga kurangi penggunaan kendaraan berbahan bakar bensin jika tidak mau mati karena ini.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.