Header Ads


Ingin Berhenti Merokok? Terapkan 5 Terapi Alternatif Ini!



Majalahqqhoki - Berhenti merokok itu berat. Kalau sudah kecanduan, orang akan lebih rela gak makan nasi daripada gak merokok. Buat kamu yang pecandu, mungkin kamu sudah tahu beragam efek buruk dari rokok. Mungkin juga kamu sudah banyak berupaya untuk berhenti.

Alasannya mulai dari kesehatan diri, berhemat, hingga gak ingin keluargamu jadi perokok pasif. Kalau usaha biasa saja gak cukup, mungkin kamu perlu coba terapi alternatif ini.


1. Berhenti merokok dengan metode hipnosis

Hipnosis adalah metode dengan memberikan sugesti-sugesti ke alam bawah sadar. Dalam hal ini, terapis akan mencoba masuk ke alam bawah sadarmu dan mencari tahu apa pemicu kamu merokok, bahkan bisa jadi kamu gak menyadarinya.

Kamu akan dibuat rileks dan disugesti agar berhenti dari kebiasaan ini. Sebagai gantinya, kamu akan diberi sugesti kebiasaan-kebiasaan yang baik. Meski begitu, tingkat keberhasilan metode ini bergantung pada motivasimu. Semakin tinggi motivasimu, semakin tinggi pula tingkat keberhasilannya.


2. Bisa juga dengan teknik akupunktur

Akupunktur adalah metode pengobatan dengan menusukkan jarum ke titik-titik tertentu tubuhmu. Metode ini berasal dari Cina. Untuk pecandu rokok, titik-titik ini akan ditempatkan di kepala, telinga, dan telapak kaki.

Dari situ, terapis akan tahu kelemahan fisik dan keadaan jantungmu. Terapi ini akan semakin berhasil jika kamu sudah berusaha berhenti merokok, meski pelan-pelan.


3. Tenangkan tubuh dan pikiranmu dengan meditasi

Sama seperti nikotin, meditasi juga menghasilkan dopamin dalam otak yang bersifat menenangkan. Meski terlihat membosankan, namun medikasi yang benar bisa membebaskanmu dari ketergantungan rokok. Medikasi pun dianggap sebagai metode yang sederhana dan gak memiliki banyak efek samping. Kamu bisa melakukannya sendiri atau dengan pengawasan para ahli.


4. Ada juga teknologi yang lebih canggih yaitu menggunakan laser

Teknologi laser ini bernama LLLT (Low Level Laser Therapy). Sama seperti akupunktur, laser ini ditembakkan di titik-titik khusus, seperti wajah, telinga, dan pergelangan tangan. Meski begitu, jangan khawatir karena metode ini gak menimbulkan rasa sakit dan efek samping. Namun, metode ini gak bisa dilakukan untuk penderita kanker dan epilepsi.


5. Tidak mengonsumsi nikotin sedikit pun dengan metode cold turkey

Alih-alih berhenti merokok, banyak orang yang memilih cara lain untuk mengonsumsi rokok dengan rokok elektrik, tembakau kunyah, permen karet, koyo, dan lain-lain. Sementara, cold turkey adalah terapi alternatif dengan menghentikan konsumsi nikotin sama sekali alias nol persen.

Butuh niat yang kuat untuk melakukan metode ini. Sebagai saran untuk melakukannya, kamu perlu dukungan dari rekan sesama perokok atau keluargamu. Minta tolong mereka untuk terus mengingatkanmu akan bahaya merokok.

Meski menawarkan hasil, namun semua gak akan terwujud tanpa adanya niat dan kesungguhan yang kuat dari dirimu sendiri. Untuk berhenti, berjanjilah bahwa kamu gak akan mengonsumsinya lagi. Dengan begitu, kamu akan mendapat manfaat yang maksimal.




Majalahqqhoki

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.