Header Ads


Tingkatkan Metabolisme Tubuh Anda dengan Melakukan 11 Kebiasaan Ini!



Majalahqqhoki - Jika kamu ingin meningkatkan kesehatan atau menurunkan berat badan, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah metabolisme tubuh. Metabolisme memiliki pengaruh besar terhadap energi dan nutrisi yang memasok sel-sel tubuh.


1. Atur jadwal makanmu

Tubuh juga mengharapkan untuk diberi makan pada waktu tertentu. Jika jadwal makan tidak teratur, tubuhmu akan lebih memilih untuk menyimpan energi sehingga kamu akan kekurangan energi ketika beraktivitas. Jadi makanlah setiap 3-4 jam untuk membantu tubuhmu dapat menggunakan semua energi.


2. Perbanyak minum air

Asupan cairan yang cukup dapat memberikan kontribusi untuk metabolisme yang baik. Ketika tubuhmu kekurangan air, kalori yang terbakar sedikit. Selain itu tubuh juga akan berkonsentrasi pada pemulihan pasokan air dan tidak membakar lemak. Itulah mengapa kamu harus minum lebih banyak atau bisa juga diganti dengan teh hijau.


3. Jadikan susu sebagai teman baikmu

Susu mengandung banyak nutrisi yang penting untuk membakar lemak dan membangun otot. Kalsium yang terkandung dalam susu memiliki peranan penting dalam metabolisme. Lebih banyak kalsium yang terkandung dalam sel lemak, semakin banyak pula lemak yang akan dibakar.


4. Lakukan kegiatan fisik

Setiap jenis aktivitas fisik, baik itu jogging, berjalan, menari, atau berolahraga di gym, dapat memberikan kontribusi untuk metabolisme yang lebih cepat. Otot-otot membutuhkan energi bahkan ketika sedang beristirahat, oleh karena itu untuk mempercepat metabolisme dapat dilakukan latihan ketahanan secara teratur.


5. Bangunlah di pagi hari

Sinar matahari juga memiliki dampak lho pada metabolisme tubuh kamu. Matahari pagi dapat membantu mengatur proses-proses biologis yang bergantung pada perubahan siang dan malam, serta sangat penting untuk konsumsi energi kamu.


6. Jangan hindari karbohidrat

Jangan terlalu membebani diri dengan diet karbohidrat sepenuhnya. Tubuh memerlukan karbohidrat yang cukup untuk mensintesis serotonin. Kurangnya karbohidrat dapat menimbulkan efek negatif pada aktivitas otak dan menyebabkan stres.


7. Hindari junk food

Jika kamu penggemar keripik, sandwich, permen atau makanan junk food lainnya, kamu harus menyadari bahwa makanan tersebut dapat memperlambat metabolisme tubuh. Energi yang kamu dapatkan dari makanan biasanya berlangsung selama 3 atau 4 jam, setelah itu tubuh mulai mengkonsumsi energi yang tepat dengan membakar lemak sendiri. Jika kamu terus ngemil, pembakaran lemak di tubuh akan dicegah. Inilah sebabnya berat badan bisa bertambah.


8. Gunakan garam beryodium

Saat ini tren garam laut telah digantikan oleh garam beryodium. Namun hati-hati, garam yodium ada masa kadaluarsanya lho. Kalau sudah seperti ini, jangan dipaksa makan yaa.


9. Makanlah makanan organik

Produk nonorganik dibuat dengan berbagai zat aditif. Bayangkan hewan yang kamu makan sebelumnya sudah diberi antibiotik dan hormon pertumbuhan, tanaman tumbuh dengan pupuk mineral sintetis dan pestisida. Namun kenyataannya, itulah yang kita makan sehari-hari. Jadi mulailah memilih makanan dengan bijaksana!


10. Jaga tingkat zat besi dalam tubuhmu

Kekurangan zat besi menyebabkan otot kekurangan oksigen dan dapat merusak kesehatan. Jika kamu kekurangan zat besi saat diet, cobalah makan lebih banyak daging, ikan, dan apel.


11. Jangan sampai dirimu stres

Sebagian besar masalah metabolisme dikarenakan kurangnya kemampuan seseorang dalam mengatasi stres. Ketika stres, tiroid akan memperlambat metabolisme kamu dan dapat berakibat pada penambahan berat badan.





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.