Header Ads


5 Efek Samping Buat Kesehatan Jika Berlebihan Mengonsumsi Ikan Asin!



Majalahqqhoki - Nasi hangat dan ikan asin, siapa yang tak tergoda akan aroma makanan khas orang Indonesia ini? Menu makanan favorit masyarakat dari berbagai kalangan ini seringkali kita jumpai sebagai makanan pokok. Kandungan vitamin D, omega 9 dan kalsium menjadi pertimbangan lauk ini dikonsumsi karena harganya yang juga murah.

Meski terlihat nikmat, ikan asin ternyata berdampak buruk bagi kesehatan. Apa saja bahayanya? Yuk, simak selengkapnya di sini!


1. Hipertensi

Secara alami, tubuh membutuhkan garam setiap harinya dengan ambang batas 5 gram per hari. Sedangkan ikan asin memiliki kandungan garam hingga 30 gram. Padahal dalam kandungan garam mengandung natrium yang membuat tekanan darah melonjak drastis. Jika ikan asin dikonsumsi secara terus menerus setiap hari, hal tersebut akan menyebabkan risiko hipertensi. 


2. Beberapa area tubuh membengkak

Gejala yang paling terlihat ketika terlalu banyak mengonsumsi ikan asin ialah area tubuh yang membengkak, seperti area kaki dan tangan. Bahkan tidak menutup kemungkinan paru-paru juga terkena imbasnya. Garam yang terlalu banyak larut dalam darah bisa menghambat proses detoksifikasi dalam tubuh.


3. Penyakit jantung

Garam dalam jumlah yang banyak bisa menghambat proses aliran darah dalam pembuluh darah, yang akan menuju ke jantung. Aliran darah yang seharusnya berjalan normal akan mengalami gangguan dan berjalan lambat sehingga mengakibatkan jantung bekerja lebih keras. 


4. Ancaman bahan logam berat

Proses pembuatan ikan asin tentu tak lepas dari garam sebagai bahan utamanya. Sedangkan garam mengandung natrium klorida yang berasal dari air laut. Namun proses yang tidak selamanya steril berisiko membuat ikan juga terkontaminasi dengan bahan logam lain dari industri yang memproduksi ikan asin tersebut. 


5. Gejala Stroke

Gejala stroke biasanya mudah sekali menghampiri seseorang yang lanjut usia. Namun tak menutup kemungkinan juga bagi orang muda yang terlalu banyak mengonsumsi kandungan garam tinggi yang terdapat pada ikan asin. Lemak jenuh di dalam ikan asin menyumbang penyakit stroke, meski usiamu masih muda.

Mengonsumsi ikan asin diperbolehkan selama dalam batas wajar dan tak dikonsumsi secara terus menerus ya, guys! Konsumsi makanan sehat agar tetap sehat dan kreatif.





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.