Header Ads


7 Fakta Tentang Alarm yang Kencang Ternyata Berbahaya Bagi Psikismu lho!



Majalahqqhoki - Fungsi utama dari alarm adalah membangunkanmu dari tidur. Itu sebabnya kamu memastikan bahwa volumenya cukup kuat untuk membangunkanmu. Bahkan, kalau perlu, kamu akan menyetel lagu rock atau metal. Namun, ternyata volume alarm yang keras gak baik buat kesehatan psikismu lho. Berikut ini fakta-fakta selengkapnya!


1. Alarm yang keras mungkin bikin semangat, namun bisa mengagetkanmu saat tidur

Bunyi yang mengagetkan akan membuatmu kesal, bahkan bisa memengaruhi suasana hatimu untuk memulai hari.


www.gulamadu.com

Bunyi dari alarm yang keras akan mengaktifkan sistem saraf simpatik saat tidur. Nah, kondisi tersebut akan ditanggapi otak sebagai sebuah ancaman karena tubuh dipaksa bangun sebelum waktunya.


3. Akibatnya, otak akan memproduksi lebih banyak hormon stres dan adrenalin

Saat bangun dengan kaget dan panik, kamu akan lebih rentan tergesa-gesa dan stres. Bahkan, gak jarang kamu akan mengalami sakit kepala sesaat setelah bangun.


4. Alarm bangun tidur terbaik adalah yang tenang

Kalau pasang alarm tenang bukannya malah susah bangun ya? Dr. James Giordano, dosen dari Departemen Neurologi, Georgetown University Medical Centre menyampaikan bahwa maksud dari alarm yang tenang adalah bunyi yang gak membuatmu kaget dan kesal.

Pernah gak sih kamu merasa kesal karena mendengar alarmmu, sampai-sampai kamu ingin membantingnya? Sebaliknya, justru alarm yang tenang akan membangunkanmu secara perlahan sehingga kamu gak merasa kesal.


5. Alarm yang tenang akan membuatmu bangun secara bertahap

Dilansir dari Huffington Post, Michael J. Decker, PhD, dokter spesialis tidur sekaligus dosen di sekolah keperawatan Case Western Reserve University menyampaikan bahwa alarm yang tenang akan membuat otakmu aktif kembali secara bertahan. Sehingga, hormon-hormon stres pun akan terlepas secara bertahap.


6. Alarm yang tenang akan membangun suasana hati lebih baik

Itu karena tubuh perlahan-lahan menerima efek dari hormon stres yang terlepas tersebut. Kamu pun akan menjalani hari dengan suasana hati yang lebih riang.


7. Namun, ada baiknya kamu bangun gak hanya mengandalkan alarm saja

Sebenarnya, pola tidur bisa membuatmu bangun teratur, bahkan di waktu yang sama. Jika kamu tidur dalam keadaan gelap, kamu bisa bangun dengan bantuan cahaya matahari yang masuk ke kamarmu. Cahaya bisa jadi sinyal bagi jam biologis tubuhmu untuk menghasilkan hormon agar kamu terbangun.

Untuk itu, yuk buat pola tidurmu. Cobalah untuk tidur lebih awal. Lakukan ritual tidurmu dan hindari aktivitas yang mengganggu, seperti bermain smartphone atau minum kopi. Gak masalah kamu menyetel alarm, asal dengan bunyi yang tenang ya.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.