Header Ads


Ini Saran Dari Para Ilmuan Tentang Makan Menurut Golongan Darahmu!



Majalahqqhoki - Ilmuwan mengatakan kalau golongan darah kita terkait erat dengan kemampuan tubuh kita untuk mencerna makanan tertentu. Jadi setiap golongan darah menentukan diet khusus yang disarankan bagi seseorang untuk diikuti untuk menjalani hidup terbaik dan tersehat.

Pendekatan ini dipopulerkan oleh Dr. Peter J. D'Adamo, setelah ia menerbitkan sebuah buku tentang topik ini pada tahun 1996. Tetapi tidak ada yang benar-benar memastikan apakah hal ini berfungsi, karena tidak ada penelitian yang membuktikan teori ini benar atau salah. Berikut ini beberapa ulasannya!


1. Golongan darah A

Untuk orang-orang dengan golongan darah tipe A, diet vegetarian disarankan. Dikatakan kalau orang dengan golongan darah ini memiliki kadar asam lambung yang rendah sehingga tidak bisa mencerna protein dan lemak hewani dengan sangat baik.

Itu sebabnya disarankan agar orang dengan golongan darah A makan banyak buah, sayuran, dan biji-bijian. Sangat penting untuk memiliki makanan tersebut dalam kondisi paling alami, yaitu segar dan organik tanpa bahan-bahan tambahan.


2. Golongan darah B

Menurut buku itu, orang dengan golongan darah ini dianggap omnivora, sehingga mereka bisa makan berbagai makanan. Namun, makanan seperti jagung, gandum, tomat, dan kacang tanah bisa menyebabkan penambahan berat badan, kelelahan, dan hipoglikemia

Makanan lain yang harus dikurangi oleh orang dengan golongan darah B adalah ayam. Ayam dikatakan bisa menyebabkan stroke dan gangguan kekebalan tubuh pada orang dengan golongan darah B. Lebih baik untuk mengganti ayam dengan daging domba, kambing, atau kelinci.


3. Golongan darah AB

Tipe AB adalah tipe darah yang paling jarang. AB memiliki warisan campuran dari tipe A dan B. Orang dengan golongan darah ini memiliki asam lambung yang rendah seperti tipe A, tetapi mereka juga memiliki adaptasi tipe B terhadap daging.

Telur, makanan laut, dan sayuran hijau baik untuk orang dengan golongan darah ini. Mereka juga disarankan untuk makan porsi kecil dengan lebih sering karena lebih baik untuk pencernaan mereka.


4. Golongan darah O

Orang dengan golongan darah ini konon memiliki asam lambung tinggi dan memiliki kemampuan yang sangat baik untuk mencerna protein hewani juga lemak. Itulah sebabnya diet tinggi protein dengan banyak daging, ikan, sayuran, dan buah berkualitas baik paling cocok untuk golongan darah O.

Namun, karbohidrat seperti biji-bijian dan kacang-kacangan bisa dengan mudah disimpan sebagai lemak dalam sistem tubuh mereka. Jadi, kalau kamu bergolongan darah O lebih baik kamu menghindarinya.


5. Praktiknya di kehidupan nyata

Teori di atas terdengar bagus di buku, tetapi bagaimana dengan di kehidupan nyata? Studi yang dilakukan pada tahun 2014 menunjukkan bahwa orang yang mengikuti diet yang disarankan tersebut memang memiliki peningkatan kesehatan.

Namun, peningkatan ini ditemukan tidak berhubungan dengan golongan darah. Bagaimanapun juga, keempat susunan diet itu sehat kalau disertai dengan olahraga yang teratur, semuanya bisa memberikan tubuh yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Nah, bagaimana dengan kamu? Apa golongan darahmu? Tertarik mencoba? Ingat ya, makan yang sehat tanpa olahraga adalah sama saja. Jadi selain mencoba memperhatikan apa yang kamu makan, perhatikan juga intensitas olahragamu.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.