Header Ads


Inilah 5 Manfaat Fisiologis Mandi Air Panas!



Mandi air panas sepertinya telah menjadi kegiatan favorit setelah seharian beraktivitas. Tak ayal, sensasi rileks yang diperoleh diharapkan dapat meningkatkan kualitas tidur. Nah, usut punya usut, ternyata terdapat beragam manfaat fisiologis dari berendam dalam air panas, lho. Eits, tapi jangan pula terlampau sering, ya.


1. Merangsang kelancaran suplai darah

Panas dan uap merangsang pelebaran pembuluh darah sehingga pori-pori pun lebih terbuka. Tentunya, hal ini akan membantu kulit lebih efektif dalam menyerap produk perawatan, seperti serum dan masker, sebab terjadinya peningkatan suplai darah di bawah kulit.


2. Mengeringkan lendir di tenggorokan

Uap panas dari berendam air panas dapat mengeringkan lendir yang menumpuk di tenggorokan. Penumpukan inilah yang merupakan salah satu penyebab paling umum dari batuk berkepanjangan. Tak hanya itu, berendam air hangat selama 10-15 menit juga mampu meringankan gejala flu. Kemudian, jangan lupa dilanjutkan dengan istirahat yang cukup, ya.


3. Meningkatkan suhu tubuh dan melemaskan otot

Berendam dalam air panas dapat meningkatkan suhu tubuh, yang juga berimbas dalam melemaskan otot-otot. Nah, relaksasi otot-otot ternyata tak hanya membantu membuat tubuh rileks secara fisik, lho. Pasalnya, secara mental, mandi air panas juga memberikan ketenangan pikiran.


4. Mengantarkan tubuh pada kondisi 'passive heating'

Peneliti dari Loughborough University, dr. Steve Faulkner, menemukan bahwa saat berendam dalam air panas, tubuh akan berada dalam kondisi 'passive heating'. Nah, jika kondisi ini terjadi berulang, maka tak menutup kemungkinan akan berpengaruh dalam meringankan inflamasi kronis yang kerap menjadi salah satu penyebab penyakit jangka panjang, seperti diabetes tipe 2.


5. Meningkatkan sirkulasi sistem getah bening

Adanya peningkatan sirkulasi sistem getah bening saat berendam dalam air panas akan menyebabkan tubuh menjadi berkeringat. Nah, hal ini juga berpengaruh dalam merangsang pelepasan racun dan bakteri dari tubuh, nih.

Nah, siapa nih yang gemar berendam dalam air panas sepulang kerja?





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.