Header Ads


Selain Lezat, Inilah 5 Manfaat Durian yang Perlu Diketahui!



Majalahqqhoki - Hampir semua orang menyukai buah berbentuk bulat, berkulit tebal dan memiliki bau yang sangat tajam ini. Rasanya yang lezat dan juga khas, serta harganya yang terjangkau, membuat orang menyukai buah tropis ini.

Ternyata, dibalik kedahsyatan rasanya yang mampu membuat orang ketagihan untuk terus mengonsumsinya, buah durian ini memiliki banyak manfaat lho untuk tubuh, jika kita mengonsumsinya secara rutin. Nah, berikut ini ulasan singkat tentang manfaat buah durian yang perlu kamu ketahui.


1. Mencegah kanker

Kandungan vitamin B Kompleks, vitamin C dan vitamin E serta fitonutrien yang ada pada durian dapat mencegah kamu terkena penyakit kanker. Vitamin-vitamin dan zat tersebut berperan sebagai antioksidan, yang merupakan senyawa utama yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.


2. Menjaga kesehatan tulang

Buah durian juga bisa lho untuk menjaga kesehatan tulang, mengapa bisa? Karena durian mengandung banyak potassium yang berperan penting sebagai nutrisi untuk kesehatan tulang. Salah satu fungsi potassium ini adalah untuk mencegah osteoporosis.


3. Mencegah insomnia

Mengalami kesulitan tidur saat malam hari? Sebaiknya kamu mencoba untuk mengonsumsi buah durian agar dapat mengatasi insomnia yang sedang kamu alami, mengapa? Karena buah durian mengandung zat yang bisa mengatasi insomnia, yaitu asam amino yang bernama triptofan. Jenis asam amino ini dipercaya bisa mengurangi depresi, kecemasan dan insomnia.

Asam amino triptofan yang tinggi pada buah durian dapat menimbulkan perasaan euforia dengan meningkatkan kadar serotonin dalam otak. Dengan meningkatnya kadar serotonin dalam otak ini, akan membuat pikiran menjadi tenang, dan kamu pun akan mudah untuk terlelap.


4. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada durian dapat melancarkan sistem pencernaan, salah satunya yaitu dapat mengatasi sembelit secara alami. Serat yang tinggi pada durian akan membantu melancarkan buang air besar secara teratur, sehingga sembelit pun akan teratasi.

Tak hanya untuk mengatasi sembelit saja, buah durian juga bisa mengatasi masalah pencernaan lainnya, seperti penyumbatan di usus, perut kembung dan diare. Serat yang tinggi pada durian sebagian besar terdiri dari serat yang tidak larut, sehingga dapat menurunkan frekuensi diare.


5. Mencegah depresi

Kandungan vitamin B6 yang ada dalam buah durian dapat mencegah depresi, stres, dan mood yang buruk. Vitamin B6 ini dapat membantu meningkatkan kadar hormon serotonin, yaitu hormon penting yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik dan lebih rileks. Dengan meningkatnya kadar hormon serotonin dalam tubuh, akan membuat kamu terhindar dari stres dan juga depresi.

Itulah ulasan singkat tentang manfaat buah durian untuk tubuh, meski memiliki banyak manfaat tetap konsumsi yang sewajarnya saja, karena mengonsumsi dengan jumlah yang terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan. Selamat berburu durian!






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.