Header Ads


6 Manfaat Sehat Dari Mendonorkan Darah. Jadi Tidak Perlu Takut yah!



Majalahqqhoki - Donor darah menjadi aktivitas sosial yang sering dilakukan guna membantu sesama bagi yang membutuhkan bantuan dengan golongan darah yang cocok. Namun, tidak sedikit orang yang takut mendonorkan darah meski sudah memenuhi persyaratan lho.

Contoh 6 alasan berikut adalah hal-hal yang kamu gak perlu khawatirkan jika ingin mendonorkan darah. Intip yuk ada apa saja!


1. Donor darah membantu mendeteksi penyakit

Salah satu syarat untuk mendonorkan darah tentunya terbebas dari penyakit yang dapat ditularkan melalui darah. Dengan mendonorkan darah, pastinya darah kita akan melalui proses pengecekan penyakit menular. Bermanfaat ya!


2. Membantu kesehatan jantung

Kelebihan zat besi dalam darah ternyata menimbulkan efek yang gak baik lho! Justru, dengan mendonorkan darah akan membantu menstabilkan zat besi yang terkandung di dalam darah.


3. Membantu meningkatkan kadar sel darah merah didalam darah

Dengan mendonorkan darah, secara tidak langsung kita akan merangsang sumsum tulang belakang untuk kembali memproduksi sel darah merah yang baru. Sehingga hal tersebut dapat membuat tubuh lebih segar.


4. Membantu menurunkan berat badan, gak perlu repot diet ketat sampai berlapar ria

Bagi yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal tanpa diet yang menyiksa, donor darah bisa menjadi alternatif lainnya lho! Dengan mendonorkan kurang lebih 450 ml darah artinya sama dengan membakar 650 kalori. Wah, bermanfaat kan?


5. Memberi kepuasan secara psikologis

Efek yang satu ini dapat dirasakan sebagai kepuasan batin yang didapat saat mendonorkan darah. Orang yang rutin melakukan donor darah akan merasa puas dan tenang, selain itu menambah rasa segar dan bugar pada tubuh.


6. Melatih kepekaan sosialmu dan membangun karaktermu

Selain karena bermanfaat bagi tubuh, secara spiritual dan sosial pastinya kita akan menjadi pribadi yang baik dengan saling tolong menolong dalam kebaikan. Tubuh sehat secara jasmani dan rohani pasti dapat dicapai deh!

Nah, 6 hal di atas menjadi alasan kenapa kamu gak perlu takut dalam mendonorkan darah lho! Saling membantu bagi yang membutuhkan karena satu tetes darahmu itu sangat berharga!




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.