Header Ads


Ini 8 Hobi dan Kegiatan yang TErnyata Bisa Meningkatkan Kesehatanmu lho!



PastiSatu.com - Jakarta, Apakah kamu percaya kalau hobi atau kegiatan yang kamu lakukan sehari-hari sangat memengaruhi kesehatanmu? Sudah banyak studi yang dilakukan dan berhasil menguak hal tersebut.

Beberapa studi berhasil mengetahui bahwa ada kegiatan yang mampu memberikan dampak positif ke tubuh. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang sederhana dan sebenarnya hampir kamu lakukan setiap saat. Kegiatan apa sajakah itu? Ini dia beberapa di antaranya.


1. Merajut

Merajut tampak sederhana, namun kegiatan tangan itu ternyata banyak membawa manfaat. Mengulangi kegiatan dan melakukannya berulang kali ternyata mampu meredakan stres yang membebani tubuh.

Bahkan pada 2013, ada riset yang berhasil membuktikan bahwa ada koneksi antara merajut dengan fungsi kognitif. Semakin banyak merajut, semakin baik pula fungsi otak.


2. Menjadi sukarelawan

Perasaan hangat ketika menjadi sukarelawan ternyata mampu memberikan dampak positif ke tubuh. Entah membantu di dapur atau langsung menuju tempat terjadinya korban bencana alam, membantu orang lain mampu menurunkan tekanan darah, stres dan bahkan bisa memanjangkan umur. Dalam sebuah studi di Amerika, para sukarelawan menunjukkan tanda-tanda dirinya terlindungi dari stres.


3. Bermain dengan peliharaanmu

Kabar baik bagi yang memiliki teman berbulu. Merawat hewan peliharaan dapat menurunkan kadar kolesterol serta rasa kesepian.

Terlebih jika memiliki anjing, para pemiliknya dapat mengajaknya jalan-jalan dan itu sangat baik bagi tubuh. Studi terhadap dua ribu pemilik anjing, yang secara reguler mengajak anjingnya jalan, memiliki tubuh yang lebih fit dan kecil kemungkinan mendapatkan obesitas.


4. Memasak

Tidak perlu ditanya, masakan rumah pasti jauh lebih sehat ketimbang makan di luar, karena kamu bisa mengatur sendiri bahan-bahannya. Buktinya, mereka yang makan di rumah memiliki tingkat kalori mencapai 130 kalori yang lebih rendah daripada mereka yang makan di luar.

Belum lagi jika kamu mengajarkan memasak kepada anak-anak. Secara tidak langsung, kamu mengajarkan mereka cara menghindari obesitas.


5. Berkebun

Menumbuhkan halamanmu dengan berbagai tanaman hijau, hingga buah dan sayur, mampu memberikan sesuatu yang segar. Studi menunjukkan bahwa berkebun adalah salah satu kegiatan yang sangat baik untuk tubuh karena mampu mengurangi stres. Dua studi yang berbeda menunjukkan bahwa orang-orang yang berkebun di tahun 60 dan 70an memiliki 36 persen dan 47 persen risiko lebih rendah untuk mendapatkan dementia.


6. Meditasi

Ada alasan mengapa meditasi sudah dilakukan sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu. Kegiatan kuno tersebut sudah sering diasosiasikan dengan kesehatan, yang mana itu berhubungan dengan peningkatan kemampuan pencernaan sampai peningkat mood.

Bahkan meditasi juga mampu membantu mengurangi rasa sakit. Terdapat studi yang menunjukkan bahwa meditasi mengurangi rasa sakit fisik hingga 27 persen dan mental hingga 44 persen. Yang mengejutkan adalah efeknya yang lebih tinggi daripada obat-obatan.


7. Mewarnai

Kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan seni sangat memberikan keuntungan untuk kesehatan mental. Seperti mewarnai, kegiatan itu sering digunakan untuk memberi terapi kepada mereka yang mengalami masalah gangguan psikologi.

Alasannya sederhana: mewarnai mampu mengeluarkan ekspresi perasaan mereka. Itu serupa dengan kegiatan seperti bermusik dan menulis.


8. Bepergian

Dipastikan ketika kamu mengambil cuti atau saat liburan, ada kemungkinan yang sangat besar untuk mengambil kegiatan bepergian. Perjalanan ke luar kota memberikan suasana baru hingga mampu menurunkan risiko terkena serangan jantung dan depresi.

Keliling dunia? Lebih bagus lagi. Ada sebuah studi yang menunjukkan jika keliling dunia bahkan mampu menurunkan risiko terkena kanker.

Itulah kegiatan-kegiatan yang menyehatkan. Manakah kegiatan yang sering kamu lakukan? Apakah kamu benar-benar merasakan manfaatnya?

Coba juga manfaatkan kegiatanmu tersebut sebagai peluang bisnis. Kamu bisa bersenang-senang dengan sehat sambil mendapatkan uang.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.