Header Ads


Ini 5 Cara Alami Obati Pilek dan Flu Seketika, Tanpa Minum Obat!



Pilek merupakan infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus, salah satunya rhinovirus. Setiap orang bisa terkena pilek, apalagi di musim hujan. Namun, kamu tak perlu khawatir. Sebelum mengonsumsi obat, ada baiknya kamu mencoba dulu berbagai bahan alami yang bisa membantumu sembuh lebih cepat. Caranya mudah, murah, dan tanpa efek samping!


1. Jahe

Jahe membuat otot saluran pernapasan lebih rileks dan merangsang sistem kekebalan tubuh lebih aktif. Tidak heran kalau jahe sering dijadikan obat pilek alami. Selain itu, jahe juga menangkal rasa mual dan menghangatkan tubuh yang sedang tidak enak badan.


2. Madu

Madu memiliki berbagai sifat antimikroba, baik bakteri atau pun virus. Karena sifatnya ini, madu secara alami dapat membantu tubuh melawan kuman penyakit yang membuatmu pilek. Bukan, tak hanya membantu mengatasi pilek, madu juga bisa meredakan gejala batuk yang sering dialami ketika terserang pilek.


3. Sup ayam dan bawang putih

Bawang putih memiliki bahan kimia alami di dalamnya yang dapat melawan virus dan meningkatkan sel-sel sistem kekebalan tubuh. Salah satu cara mengolah bawang putih paling mudah dengan mencampurnya di dalam sup ayam.

Ayam dan bawang putih bisa jadi paduan yang sangat tepat untuk menyembuhkan pilek. Sebab, terdapat zat yang disebut carnosine yang ditemukan dalam sup ayam dan dada ayam. Zat ini diduga membantu mengurangi gejala-gejala yang muncul saat pilek.

Selain itu, kehangatan sup ayam juga membantu melegakan hidung yang sedang tersumbat. Dilansir dalam laman Healthline, semangkuk sup ayam isi sayuran dengan bawang putih dapat membantu memperlambat pergerakan neutrophil (sejenis sel darah putih) yang berfungsi melindungi tubuh dari infeksi.


4. Lada Hitam

Mengapa lada dapat mengatasi demam dan flu? Itu disebabkan oleh sifat lada yang sedikit pahit, pedas, hangat, dan antipiretik (menekan gejala demam). Kamu bisa menambahkan lada hitam pada semangkuk sup. Lada hitam akan melegakan hidung dan tenggorokanmu.


5. Vitamin C

Vitamin C memiliki banyak manfaat dalam tubuh, termasuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Asupan vitamin C yang cukup di dalam tubuh dapat membantu mengurangi infeksi saluran pernapasan yang terjadi ketika kamu pilek. Vitamin C mudah sekali ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Beberapa di antaranya, antara lain jeruk, lemon, belimbing, tomat, jambu, paprika, kiwi, brokoli, pepaya,  dan stroberi.

Itu tadi manfaat bahan-bahan alami yang bisa kamu temukan di dapurmu. Coba dulu, yuk, sebelum minum obat. Namun, kalau gejala pilek dan flumu sudah makin parah dan berlarut-larut, konsultasikan pada dokter, ya!




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.