Header Ads


Ini 5 Manfaat yang Didapat Jika Rutin Mengonsumsi Air Hangat



Majalahqqhoki - Minum air putih hangat setiap pagi ternyata sangat berpengaruh pada tubuh. Menurut homefitnesslife, sebuah studi menunjukkan bahwa minum air putih hangat setiap pagi dapat mempercepat penurunan berat badan. Segelas air putih panas atau hangat sebelum atau sesudah makan juga akan meningkatkan pencernaan dan menghangatkan saluran usus, sehingga mampu mengurangi konstipasi.

Berikut ini manfaat tak terduga jika kamu mengonsumsi air putih hangat setiap pagi.


1. Mencegah penuaan dini

Setiap orang pasti menginginkan untuk selalu terlihat muda. Namun tanpa kita sadari, racun dalam tubuh kita dapat menyebabkan penuaan dini. Ketika tubuh menumpuk racun, maka kita akan menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Air putih hangat dapat membantu membersihkan racun dalam tubuh.

Selain itu, air putih hangat juga dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit dan mempengaruhi elastisitas kulit.

Menurut ahli nutrisi asal India, Shilpa Arora, minum air putih di pagi hari bisa mencerahkan wajah. Hal ini karena setiap sel dalam tubuh terhidrasi sebab racun-racun dalam tubuh yang keluar setelah minum air putih membuat kulit menjadi lebih sehat dan cerah.


2. Meringankan rasa sakit dan kram saat menstruasi

Sebagian perempuan seringkali merasakan sakit dan nyeri perut saat menstruasi. Ternyata air putih hangat bisa menjadi solusi sederhana yang cukup ampuh. Air putih hangat mampu mengurangi rasa sakit dan nyeri dari kram saat menstruasi. Efek hangat inilah yang dapat melemaskan otot-otot perut dan membantu meringankan nyeri haid.

Selain itu, air putih hangat juga dapat menjadi obat yang efektif untuk semua jenis kram. Hal ini karena air hangat mampu meningkatkan sirkulasi kapiler dan membuang toksin. Air hangat juga memberi efek rileks yang dapat melancarkan aliran darah hingga membantu mengendurkan otot-otot dalam tubuh.


3. Memperbaiki sistem pencernaan dalam tubuh

Segelas air putih hangat di pagi hari ternyata dapat merangsang sistem pencernaan dan membantu tubuh mencerna makanan dengan baik. Saat air hangat mengalir menuju usus, ini seperti proses pelumasan untuk mengeluarkan kotoran-kotoran yang tertimbun.

Sedangkan jika kita memilih minum air dingin, yang terjadi justru akan memadatkan minyak dan lemak. Hal ini akan membuat pencernaan bekerja lebih sulit.

Maka, ada baiknya mulai sekarang kita mengganti segelas air dingin dengan air putih hangat setelah makan.


4. Membantu menurunkan berat badan

Air putih hangat terbukti mampu meningkatkan suhu tubuh dan metabolisme. Peningkatan aktivitas metabolik inilah yang nantinya akan membakar lebih banyak kalori. Jika kita memulai hari dengan minum segelas air putih hangat, terlebih ditambah dengan lemon, maka akan membantu tubuh memecah jaringan lemak.

Selain itu, air hangat dan lemon akan juga akan mengontrol keinginan makan hingga diet pun bukan lagi wacana.

Namun, ternyata diet dengan air putih ini tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Orang dewasa yang lebih tua dan anak-anak yang berusia di bawah 18 tahun tidak diperbolehkan untuk melakukan diet ini sebab akan menimbulkan masalah kesehatan.


5. Meredakan hidung tersumbat akibat flu

Ternyata dengan banyak minum air putih bisa jadi salah satu obat alami untuk cepat pulih dari pilek, demam, ataupun batuk yang Anda alami. Saat sakit, termasuk saat sedang flu atau demam, jumlah cairan dalam tubuh berkurang. Jadi, agar tubuh tetap bisa melawan kuman penyakit, kita butuh minum banyak air putih.

Selain itu, banyak minum air putih bisa membantu mengatasi lendir di bawah hidung dan mengurangi terjadinya penyumbatan di hidung. Cobalah ambil segelas air hangat yang masih mengeluarkan uap panas. Uap tersebut yang dapat dihirup lewat hidung dapat meredakan hidung tersumbat dan juga melegakan pernafasan.

Nah, itu tadi manfaat meminum air putih hangat setiap pagi. Sudahkan kamu memulai rutinitasmu pagi ini dengan minum air putih hangat?




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.