Header Ads


Ini 7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Penglihatan Kita!



Majalahqqhoki - Pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana beberapa kebiasaanmu yang tampaknya sederhana ternyata mempengaruhi matamu? Kebiasaan tertentu merupakan bagian utama dari gaya hidup kita.

Lambat laun tanpa sadar ternyata mereka memengaruhi kesehatan mata. Di bawah ini ada 7 kebiasaan umum yang perlu kamu ubah atau bahkan singkirkan sepenuhnya, supaya matamu tetap sehat!


1. Melihat layar sebelum tidur

Baik itu layar smartphone ataupun layar tablet dan perangkat elektronik sejenisnya, kebiasaan ini sepertinya dimiliki hampir oleh semua orang. Mengekspos matamu ke layar digital terus menerus dan terutama sebelum tidur, bisa menyebabkan penglihatan kabur, mata kering, mual hingga pusing. Kalau gejala-gejala tersebut semakin sering kamu rasakan, bisa jadi kamu sudah menderita Digital Eye Strain (DES).


2. Bekerja atau membaca di bawah pencahayaan yang buruk

Sebagian besar orang memiliki kebiasaan untuk membaca di larut malam. Selain itu, sebagian besar individu bekerja di lingkungan yang kurang cahaya. Kamu harus sadar akan tingkat pencahayaan di sekitarmu untuk mencegah kerusakan pada mata lebih lagi. Hal ini dikarenakan kurang cahaya bisa menyebabkan ketegangan besar pada matamu yang akhirnya menyebabkan kekeringan dan iritasi.


3. Sering mengucek mata

Coba hitung dalam sehari berapa kali kamu mengucek matamu baik karena gatal ataupun tidak. Mengucek mata terlalu sering bisa menyebabkan banyak kerusakan pada matamu. Pertama, kamu memindahkan kuman dari tangan ke mata. Dan kedua, ini bisa membuat robek kornea ataupun pembuluh darah di sekitar mata.


4. Tidak menggunakan pelindung mata

Banyak orang lupa menggunakan pelindung mata saat berolahraga atau bekerja dengan peralatan, mesin las, dan lain sebagainya. Misalnya, perenang tidak boleh berenang tanpa kacamata yang sesuai. Bahan kimia dalam air bisa menyebabkan mata gatal, pandangan kabur dan dalam kasus yang ekstrim bahkan kebutaan sementara.

Selain itu, saat melangkah keluar di bawah sinar matahari, orang sering lupa untuk memakai kacamata hitam. Paparan sinar UV yang berbahaya bisa menyebabkan kanker Kelopak mata, Katarak, Keratitis bahkan luka bakar kornea.


5. Kurang tidur

Terlepas dari beberapa implikasi kesehatan seperti depresi, penambahan berat badan, kelelahan dan penurunan fungsi kekebalan tubuh, kurang tidur juga mempengaruhi penglihatanmu lho. Nyeri pada mata, penglihatan kabur, mata kering dan berkedut adalah beberapa efek buruk yang mungkin kamu alami kalau kamu tidak mendapatkan tidur esensial 7-8 jam di malam hari.


6. Merokok

Kemungkinan masalah kesehatan yang terkait dengan penglihatan meningkat berkali-kali lipat akibat merokok. Ini termasuk katarak, glaukoma, sindrom mata kering dan degenerasi makula terkait usia. Mereka yang merokok lebih banyak dan untuk waktu yang lama bahkan lebih rentan terhadap kebutaan.


7. Kurang minum

Air putih yang memiliki segudang manfaat juga ternyata memberikan dampak bagi kesehatan mata. Tidak minum 8 gelas air yang disarankan per hari (rata-rata) dan makan diet tinggi natrium bisa menyebabkan tubuhmu mengalami dehidrasi.

Pada gilirannya bisa menyebabkan matamu tidak menghasilkan cukup air mata. Mata kering, mata merah, dan kelopak mata bengkak semuanya bisa jadi akibat dehidrasi.

Kalau kamu memiliki kebiasaan-kebiasaan di atas. apalagi kalau lebih dari satu, cepat-cepat diperbaiki ya. Mata kita merupakan salah satu indra utama yang sangat membantu kehidupan sehari-hari kita. Mari dijaga selagi kita bisa.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.