Header Ads


Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Bagi Tubuh Kita



Majalahqqhoki - Daun pepaya mengandung banyak nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Antara lain; enzym papain, dekstrosa, levulosa, alkaloid karpaina, glikosid, sakarosa, karposid, serta pseudo karpaina.

Selain itu juga terdapat kandungan protein, karbohidrat, vitamin B1, lemak, kalori, kalsium, vitamin A, vitamin C, dan senyawa carposide sebagai penangkal penyakit cacing. Jika digunakan dengan baik, daun pepaya punya banyak manfaat untuk tubuh lho. Apa saja kira-kira?


1. Mengobati demam berdarah

Rebus lima lembar daun pepaya dengan setengah liter air, rebus hingga air tersisa separuh. Saring air rebusannya, lalu minum secara teratur.


2. Mengatasi keputihan

Campurkan sehelai daun pepaya dengan seikit pulasari dan alang-alang, lalu rebus. Minum air hasil rebusan tersebut untuk mengatasi keputihan.


3. Membersihkan jerawat

Rebus daun pepaya, lalu gunakan air hasil rebusannya untuk membasuh wajah yang berjerawat. Lakukan dengan rutin.


4. Redakan nyeri haid

Untuk meredakan nyeri pada saat haid, caranya cukup mengkonsumsi air rebusan daun pepaya beberapa lembar dicampur dengan sedikit gula dan asam jawa.


5. Membantu penyembuhan kanker

Memang belum banyak penelitian tentang daun pepaya atas khasiatnya mengatasi kanker, namun kandungan senyawa aktif sebagai antioksidan yang terdapat di getah daun pepaya diketahui sangat bermanfaat menangkal berbagai virus serta bakteri jahat, juga membersihkan tubuh dari serangan radikal bebas.


6. Mengatasi diare dan cacingan

Daun pepaya dapat mengatasi cacing di dalam perut dengan kandungan carposide, selain itu juga senyawa karpain membantu membunuh mikroorganisme dan bakteri yang mengganggu pencernaan.


7. Berkhasiat mengobati kencing batu

Kandungan senyawa aktif daun pepaya juga berkhasiat dalam mengobati batu ginjal atau kencing batu.

Selain tujuh manfaat daun pepaya di atas, tentunya daun pepaya juga bisa dijadikan lalapan yang dimakan bersama sambal, uh nikmat ya. Sudah pernah mencoba?





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.