Header Ads


Ini dia 7 Alasannya Mengapa Payudara Terasa Mengeras. Jangan Langsung Menyimpulkan!



Majalahqqhoki - Gak banyak perempuan yang tahu dan paham betul akan tubuhnya sendiri, termasuk soal seluk beluk payudara. Pada kondisi tertentu payudara bisa tiba-tiba mengeras. Sebenarnya apa sih yang terjadi pada tubuh saat payudara mengeras? Jangan panik dulu ya, beberapa hal ini mungkin bisa jadi faktor pemicunya.


1. Perubahan hormon menjelang menstruasi

Menjelang menstruasi atau saat PMS, tubuh akan mengalami peningkatan hormon yang sangat cepat. Pada saat ini, hormon estrogen yang dihasilkan sangat tinggi sehingga menyebabkan payudara mengeras, tegang dan terkadang agak nyeri.


2. Bergesekan atau gak sengaja tersentuh

Payudara merupakan area yang paling sensitif terhadap sentuhan. Saat bergesekan dengan sesuatu atau gak sengaja tersentuh oleh apapun, puting bisa mendadak mengeras. Hal ini terjadi karena otot-otot bawah kulit yang mengalami kontraksi saat tersentuh.


3. Terangsang akan sesuatu

Ternyata payudara yang mengeras juga bisa merupakan tanda seorang cewek sedang terangsang lho! Saat payudara atau bagian tubuh lain dirangsang menjelang berhubungan intim, puting susu akan tegang. Gak cuma terjadi sama cewek, cowok pun mengalami hal yang sama.


4. Udara dingin

Faktor cuaca dan perubahan suhu rupanya juga berpengaruh pada keadaan payudara. Puting susu bisa mengeras dengan sendirinya saat udara dingin menghampiri. Dan semua akan kembali ke kondisi normal saat tubuh kembali rileks.


5. Hormon kehamilan

Gak cuma menjelang menstruasi aja hormon di tubuh cewek mengalami peningkatan. Saat hamil pun demikian, jadi gak heran kalau perempuan hamil akan sering mengalami payudara yang mengeras. Ini juga bisa menjadi tanda-tanda kehamilan awal lho!


6. Saat menyusui

Setelah melahirkan, secara otomatis payudara akan memproduksi ASI untuk kebutuhan bayi. ASI yang dihasilkan pun disimpan di dalam payudara. Inilah yang menyebabkan payudara mengeras saat proses menyusui, terlebih saat produksi susu sedang melimpah tapi bayi belum mau minum atau hanya minum sedikit. Oleh karena itu, ASI harus diperah supaya gak menimbulkan mastitis atau pembengkakan payudara.


7. Mengalami alergi

Dan satu hal lagi yang menyebabkan payudara mengeras adalah alergi. Jika payudara terkena lotion, sabun, detergen, bahan pakaian yang kurang cocok dan sejenisnya bisa menyebabkan alergi yang berujung pada payudara yang keras, tegang dan kadang bengkak di area puting.





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.