Header Ads


Sebelum Minum Obat Untuk Mengatasi Insomniamu. Lakukan 5 Cara Ampuh Ini!



Majalahqqhoki - Susah tidur atau insomnia kerap dialami oleh sebagian orang bahkan tak sedikit yang selalu harus minum obat demi bisa tertidur lelap. Tapi sayangnya obat akan memberikan efek samping yang buruk bagi kesehatan.

Sebaiknya atasi insomnia dengan cara yang alami bukan dengan obat karena asalkan kita menerapkan gaya hidup sehat, kebiasaan susah tidur atau insomnia akan pergi dengan sendirinya! Berikut 5 cara untuk mengatasi insomnia, yuk terapkan!


1. Usahakan mempunyai jadwal tidur yang tetap

Sebenarnya tubuh kita mempunyai jam biologisnya tersendiri sehingga kita biasanya akan mengantuk di jam-jam ketika kita terbiasa tidur. Saat kamu terbiasa tidur jam 10 malam, usahakan untuk langsung tidur.

Jangan begadang karena begadang akan menghancurkan jam biologismu sendiri. Sebanyak apapun tugas, kerjakan dengan menyicil dan biasakan tidur pada jam tersebut karena dengan begitu kamu takkan mengalami insomnia.


2. Hindari kafein, alkohol, atau tembakau saat hendak tidur

Kafein, tembakau dan alkohol tentu akan membuatmu susah tidur atau insomnia. Oleh karena itu hindari konsumsi ketiga zat tersebut agar kamu tak terkena insomnia. Ketiga zat tersebut mempunyai zat aktif yang menstimulasi saraf sehingga menyebabkan kamu sulit untuk istirahat tidur.

Misalnya saja pada kopi ada kafein yang membuat matamu tetap melek semalaman. Oleh sebab itu jangan minum kopi tiga jam sebelum tidur atau kamu akan mengidap insomnia.


3. Berolahraga

Mungkin juga alasan kamu susah untuk tidur adalah kamu jarang melakukan aktivitas seperti olahraga. Padahal olahraga akan membuat aliran darahmu lancar sehingga tentunya kamu takkan mengalami insomnia. Lakukan aktivitas ini dengan teratur minimal seminggu sekali dan barengi dengan gaya hidup sehat juga ya!


4. Matikan gadget dan lampu sebelum tidur

Siapa tahu alasan kamu susah tidur karena kamu sering tak mematikan gadget dan lampu kamar. Sebelum tidur matikan gadget dan matikan lampu kamarmu agar kamu bisa berisitirahat. Biasanya tubuh akan cepat mengantuk dalam keadaan gelap oleh karena itu matikan lampu selalu sebelum tidur karena tubuhmu pun butuh istirahat. Selain itu jangan stres dan tenangkan pikiran agar kamu mudah untuk tertidur.


5. Datangi terapis

Kalau 4 cara di atas masih tak mampu mengatasi kesulitan tidurmu lebih baik datangi psikiater dan tanyalah bagaimana cara terbaik menyembuhkan insomniamu. Jangan terus dibiarkan begitu saja karena kamu bisa saja sakit karena tubuhmu kurang istirahat. Apalagi bila kamu selalu membiasakan minum obat tidur, itu jelas tak baik untuk kesehatan bukan?

Nah, lewat cara-cara di atas, mudah-mudahan gejala insomniamu bisa mereda tanpa harus mengonsumsi obat-obatan, ya!




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.