Header Ads


10 Cara Sederhana Mencegah Usus Buntu, Gak Sampai Meradang dan Operasi



PastiSatu.com - Radang usus buntu merupakan salah satu masalah pada sistem pencernaan yang dikategorikan penyakit berbahaya. Bagaimana tidak, sekali seseorang divonis mengalami peradangan usus buntu, dokter langsung menganjurkan melakukan operasi pengangkatan usus buntu.

Gejala yang hampir sama seperti pada sakit perut biasa menyebabkan penderita sering sekali tidak menyadari keberadannya. Di bawah ini terdapat sejumlah cara yang diyakini efektif dalam mencegah radang usus buntu. Apa itu? Yuk, simak!


1. Memakan makanan berserat tinggi

Sering mengonsumsi makanan berserat tinggi membantu mengurangi penumpukan makanan pada usus halus karena memudahkannya untuk dicerna dengan baik. Selain itu, makanan berserat juga mampu memberikan asupan sehat bagi bakteri baik yang ada di dalam tubuh termasuk di sistem pencernaan.



2. Batasi asupan alkohol dan kafein

Tahukah kamu bahwa kedua zat tersebut mampu mengakibatkan mudah mengalami sembelit. Perlu kalian ketahui, zat ini juga menjadi cikal bakal terjadinya radang usus buntu di kemudian hari. Oleh karena itu, batasilah konsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung kafein maupun alkohol..


3. Perbanyak minum air putih

Cara ini adalah yang paling gampang dan mudah dilakukan serta hemat. Manfaat dari air putih sendiri mampu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Sebab, air putih memiliki kemampuan untuk melunakkan feses. Dari fakta yang disebutkan sangat disarankan untuk meminum air putih minimal delapan gelas per hari, atau setidaknya sesuaikan dengan aktivitasmu.


4. Jangan suka menunda buang air besar (BAB)

Menahan BAB terdengarnya mungkin sepele, namun faktanya bisa membuat sembelit. Sifat feses yang keras berpotensi sebabkan usus buntu. Oleh sebab itu, jika sudah terasa ada dorongan untung buang air besar, segeralah pergi ke toilet.


5. Jangan lupa konsumsi vitamin A dan D

Selain memakan makanan berserat tinggi, vitamin A dan D diyakini sebagai salah satu cara ampuh untuk terhindar dari radang usus buntu. Kegunaan dari vitamin A sendiri membentuk sel darah putih guna mempertahankan tubuh dari infeksi, sedangkan vitamin D untuk melawan bakteri pada tingkatan yang lebih tinggi.


6. Jangan suka menahan kentut

Menahan kentut menjadi salah satu penyebab radang usus buntu. Alasannya, saat menahan kentut saluran pencernaan akan menjadi terhambat dan tersumbat. Untuk itu, jangan sekali-kali menahan kentut. Tapi ketahui juga saat dan tempat yang tepat untuk melepaskannya.


7. Milikilah kualitas tidur yang baik dan jadwal teratur

Seseorang yang memiliki jadwal tidur yang berantakan bisa terkena radang usus buntu. Penyebabnya, tidur dengan jadwal yang tidak teratur dapat mengganggu metabolisme tubuh. Sistem metabolisme yang kurang baik akan mempengaruhi kinerja organ pencernaan.


8. Kurangi membeli makanan cepat saji

Makanan cepat saji bisa menyebabkan seseorang mudah mengalami peradangan pada usus buntu. Hal itu dikarenakan berbagai macam kandungan zat kimia berbahaya pada junk food bisa mengiritasi usus.


9. Jangan mengonsumsi obat tertentu jika tidak terlalu diperlukan

Obat seperti obat penenang atau obat antidepresan bisa menjadi salah satu faktor yang bisa sebabkan sembelit. Sembelit yang menyerang terlalu lama bisa memberikan efek negatif pada usus buntu.

Ya, orang tersebut bisa mengalami usus buntu. Oleh karena itu, jika kalian tidak terlalu perlu mengonsumsi obat seperti itu, hindarilah karena efeknya yang kurang baik bagi sistem pencernaan.


10. Miliki jadwal olahraga yang rutin

Manfaat yang dirasakan tubuh bila rutin berolahraga adalah badan menjadi sehat dan fit. Ini bisa jelas kamu rasakan kok, sebab saat olahraga, tubuh mengeluarkan racun dan limbah dari dalam tubuh. Olahraga di sini bukan berarti harus pergi ke pusat kebugaran, tetapi kalian juga bisa melakukan beberapa aktivitas kecil, seperti membersihkan rumah ataupun melakukan olahraga ringan seperti yoga.

Dengan menghindari 10 kebiasaan di atas, selain kamu terhindar dari radang usus buntu, kamu juga akan merasakan badan yang lebih sehat dan bugar. Oleh karena itu, yuk ubah pola hidup menjadi lebih sehat dan ideal.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.