Header Ads


7 Gejala Leukemia Ini Harus Kamu Kenali & Waspadai. Sering Disepelekan!



PastiSatu - Leukemia atau kanker darah merupakan sel kanker yang menyerang sel-sel darah putih, yang dihasilkan oleh sumsum tulang belakang. Sel darah putih sendiri berfungsi untuk melindungi tubuh terhadap benda asing atau penyakit. Saat sel darah putih sudah terinfeksi kanker, maka sumsum tulang belakang akan memproduksi sel abnormal dan menyebarkannya ke organ lain. 

Oleh karena itu, biasanya leukemia berdampak pada penurunan imunitas tubuh serta menyebabkan komplikasi penyakit. Untuk mencegah munculnya kondisi yang lebih berbahaya, ketahui gejala munculnya leukemia berikut ini.


1. Daya tahan tubuh melemah

Sel darah putih sangat penting bagi daya tahan tubuh, sebab salah satu fungsinya adalah menghalau virus penyebab infeksi dan racun-racun yang berbahaya bagi tubuh. Saat seseorang terkena leukemia, sel darah putih yang dihasilkan merupakan sel abnormal yang tidak sehat. Akibatnya, sel darah putih abnormal tersebut justru akan melemahkan pertahanan atau kekebalan tubuh dan membuat kamu lebih rentan terhadap infeksi.


2. Adanya pembengkakan kelenjar getah bening

Tanda-tanda leukemia bisa dilihat dari tampilan fisik seperti adanya pembengkakan pada leher, ketiak atau paha. Pembengkakan tersebut berasal dari kelenjar getah bening karena penyakit leukemia telah menyebar ke kelenjar getah bening. Jika tidak diobati, hal tersebut dapat memicu komplikasi penyakit serta memicu munculnya kanker kelenjar getah bening.


3. Adanya gangguan pembekuan darah

Pada penyakit leukemia, trombosit yang merupakan sel-sel darah merah akan sangat sedikit dihasilkan oleh tubuh. Hal ini dikarenakan sumsum tulang belakang hanya berfokus pada produksi sel darah putih yang abnormal.

Sehingga sel darah lainnya mengalami penurunan produksi. Akibatnya akan muncul bintik-bintik merah kehitaman di bawah kulit dan menyebabkan tubuh mudah memar dan mudah mengalami pendarahan.


4. Terjadinya pembesaran hati atau limpa

Sel-sel darah putih abnormal yang tersebar dan menumpuk di dalam hati atau limpa dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan karena adanya pembengkakan. Parahnya, pembengkakan ini dapat diraba langsung dengan tangan pada perut bagian atas sampai perut bagian bawah.


5. Kerap mengalami anemia

Penurunan produksi sel darah merah akibat produksi besar-besaran pada sel darah putih abnormal dapat menyebabkan seseorang mengalami anemia dalam waktu yang cukup sering. Gejala anemia yang umum seperti kelemahan, kelesuan, sesak napas, dan pusing ternyata merupakan gejala yang serupa saat kamu mengalami leukemia. Hal ini dikarenakan oksigen yang dibawa oleh sel darah merah juga mengalami penurunan.


6. Kulit terlihat pucat

Saat kamu mengalami komplikasi antara anemia dan leukemia kulit akan menjadi sangat pucat akibat sel darah merah yang sangat sedikit diproduksi. Selain itu, tangan juga menjadi dingin sepanjang hari.


7. Berkeringat pada malam hari

Gejala umum terakhir yang biasa ditemukan pada seseorang yang mengidap leukemia adalah munculnya keringat di malam hari, serta pegal dan nyeri yang terjadi pada persendian. Jika sudah dalam fase ini, sebaiknya segera periksakan dirimu ke dokter untuk melakukan tes darah.

Beberapa gejala di atas merupakan ciri-ciri umum yang biasa terjadi pada seseorang yang mengidap leukemia. Untuk itu, jangan remehkan hal sekecil apapun yang terjadi pada tubuhmu. Segera periksakan dirimu ke dokter jika mengalami hal-hal tersebut.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.