Header Ads


7 Cara Ampuh Mengatasi Migrain Tanpa Obat, Mudah dan Sederhana!



PastiSatu - Migrain merupakan kondisi sakit kepala, yang biasanya menyerang hanya setengah atau sebagian kepala, yang kerap diikuti dengan gejala lain seperti mual, muntah, sensasi kepala berputar dan berkunang-kunang, hingga menyebabkan tubuh mudah terjatuh.

Untuk mengatasinya, orang akan langsung membeli dan mengonsumsi obat pereda sakit kepala. Padahal, ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk meredakan migrain. Berikut ini di antaranya.


1. Minum jahe hangat

Sebuah penelitian dari Zanjan University of Medical Science menyatakan bahwa minum teh dengan seduhan jahe bubuk dapat membantu meredakan gejala migrain. Hal ini karena jahe merupakan rempah alami yang banyak digunakan sebagai obat alternatif dan diyakini ampuh atasi migrain.


2. Konsumsi makanan yang kaya magnesium

Salah satu pemicu sakit kepala dan migrain adalah kurangnya zat magnesium yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, saat gejala migrain mulai terjadi sebaiknya segera konsumsi makanan dengan kandungan tinggi magnesium seperti alpukat dan pisang untuk membantu mencegah munculnya migrain yang lebih parah.


3. Oleskan minyak peppermint di dahi dan pelipis

Sebuah studi tahun 2010 dari Shiraz University of Medical Science di Iran mengungkapkan, bahwa mengoleskan minyak peppermint ke dahi dan pelipis sangat efektif untuk meredakan nyeri dan mual akibat migrain. Jika kamu tidak memiliki minyak peppermint, coba ganti dengan minyak lain yang tetap memiliki sensasi dingin dan menghangatkan.


4. Merendam kaki

Merendam kaki dengan suhu ekstrem, baik dingin maupun panas dapat membantu meredakan migrain. Hal ini karena tubuh akan merasakan sensasi kedinginan atau kepanasan yang berguna untuk mengalihkan rasa nyeri yang dialami saat migrain.


5. Meminum kopi

Makanan atau minuman yang mengandung kafein ternyata dapat meredakan rasa sakit akibat migrain. Akan tetapi, kamu juga harus berhati-hati karena mengonsumsi kopi secara rutin dan melewati dosis minum kopi harian justru dapat menjadi hal yang buruk bagi kesehatan.


6. Tidur

Tidur merupakan salah satu cara alami untuk meredakan migrain. Sebab, dalam keadaan tidur tubuh akan melepas segala tekanan sehingga pembuluh darah yang tertekan akibat migrain juga ikut berkurang.


7. Kompres kepala dengan es

Mengompres kepala, terutama bagian tengkuk leher dengan es yang dibungkus kantong plastik atau air dingin nyatanya dapat meredakan migrain. Hal ini karena sensasi dingin yang dihasilkan saat mengompres dapat membuat pembuluh darah yang menyebabkan migrain menyempit dan kembali dalam keadaan normal.

Beberapa cara tersebut sangat mudah dilakukan, bukan? Meski obat terbukti dapat meredakan migrain secara cepat, akan tetapi ada baiknya jika kamu mengurangi masuknya bahan kimia ke dalam tubuh. Selain itu, setiap obat yang dikonsumsi juga bisa memberikan efek samping yang berbahaya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.