Header Ads


7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Lari, kalau Kamu Suka Jogging



PastiSatu - Lari atau jogging jadi salah satu olahraga yang disenangi banyak orang karena mudah dan murah, hanya bermodalkan sepatu. Meski begitu, persiapannya gak boleh main-main loh, bisa-bisa bukannya menjadi lebih sehat tapi malah cedera. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat lari yang perlu kamu benahi!


1. Memakai sepatu yang sudah rusak atau salah ukuran

Sepatu jadi salah satu alat penting untuk berlari. Penggunaan sepatu yang sudah rusak hanya akan membuat kakimu cedera, terutama pergelangan kaki.

Untuk itu pastikan sepatumu masih layak untuk berlari. Makin oke lagi kalau kamu memakai sepatu khusus untuk berlari. Usahakan ukurannya pas, gak terlalu longgar atau terlalu sempit ya!


2. Gak makan sebelum lari

Banyak orang mengejar waktu pagi untuk lari sampai-sampai melupakan asupan nutrisi untuk berlari. Lari membutuhkan banyak energi. Oleh karenanya, kamu perlu makan sebelumnya.

Selain untuk performa saat lari, makan juga berpengaruh untuk pemulihanmu. Meski begitu, kamu juga perlu memerhatikan jarak makan antara makan dan lari ya. Jangan terlalu dekat!


3. Kurang terhidrasi dengan baik alias kurang minum

Bawa botol minum saat lari memang merepotkan. Karena itu, pastikan kamu terhidrasi dengan minum sebelum berlari. Minum secukupnya dan beri jarak agar gak terlalu dekat dengan waktu berlari. Ingatlah untuk gak minum berlebihan! Bisa-bisa kamu malah begah dan susah lari. Pastikan juga kamu minum setelah lari untuk menggantikan cairan tubuhmu ya!


4. Menggunakan pakaian yang terlalu tebal atau terbuka

Sesuaikan pakaianmu saat berlari. Jangan coba-coba menggunakan jaket saat cuaca panas. Hal itu bisa mengakibatkan suhu tubuhmu naik, belum lagi karena lari membuatmu makin panas. Jangan juga terlalu terbuka agar kamu bisa terhindar dari sengatan matahari atau cuaca yang terlalu dingin.


5. Lari dengan jarak langkah terlalu jauh

Mungkin kamu pernah berpikir kalau langkah yang lebar akan membuatmu lebih efektif dan efisien. Namun, hal itu justru akan membuatmu lebih cepat lelah. Bukannya sampai tujuan, ujung-ujungnya malah kamu berlari sambil jalan.


6. Berlari terlalu jauh dan cepat, padahal belum terbiasa

Buat kamu yang baru berlari setelah sekian lama vakum, hindari jarak tempuh yang terlalu jauh dan lari yang terlalu cepat. Hal itu hanya akan membuatmu sakit pada jaringan lunak belakang tulang, cedera lutut, dan meradangnya ligamen pada paha. Pasti sudah pernah merasakannya kan.


7. Berlari di tempat yang itu-itu saja

Berlari di jalur yang sama memang akan membuatmu terbiasa. Namun, alih-alih bersemangat, kamu malah jadi bosan. Pada akhirnya kamu pun bisa kehilangan motivasi dan berhenti berlari.

Karena itu, pastikan kamu berganti rute berlari agar kamu makin bersemangat. Cobalah di tempat baru, meski kamu perlu mencapainya dengan kendaraan terlebih dahulu.

Itu tadi kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat berlari. Mana yang sering kamu lakukan? Bisa pelan-pelan kamu perbaiki biar motivasi berlarimu makin tinggi!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.