Header Ads


7 Produk Rumahan Ini Ternyata Bisa Berbahaya Lho, Jangan Remehkan Ya!



PastiSatu - Menurut Komisi Keamanan Produk Konsumen, sekitar 33,1 juta orang di AS terkena dampak negatif produk rumah tangga setiap tahun. Mulai dari cedera ringan, kerusakan properti, hingga yang paling menakutkan adalah kematian yang jumlahnya semakin menakutkan.

Hal itu bisa jadi disebabkan terutama oleh bahan kimia yang terkandung dalam berbagai produk sehari-hari yang biasa digunakan. So guys, sebelum dampaknya semakin buruk alangkah baiknya untuk kita meminimalisir, atau jika bisa, berhenti menggunakan beberapa produk sehari-hari berikut ini!


1. Styrofoam

Wadah ataupun barang lainnya yang terbuat dari styrofoam memiliki dampak yang buruk bagi lingkungan kita. Styrofoam juga tidak memberikan manfaat bagi kesehatan kita.

Styrofoam mengandung styrene, bahan kimia beracun yang memiliki hubungan dekat dengan kanker, penglihatan dan gangguan pendengaran, serta masalah dan kerusakan sistem saraf. Bahan kimia ini keluar dan masuk ke tubuh kita ketika kita makan makanan hangat menggunakan piring dan cangkir yang terbuat dari styrofoam.


2. Produk dengan sifat antibakteri

Banyak produsen produk antibakteri menggunakan elemen yang disebut triclosan dalam produk mereka. Dan itu tidak hanya buruk bagi lingkungan, tetapi juga bagi kesehatan kita. Penelitian telah menunjukkan bahwa produk yang mengandung triclosan (bisa berupa sampo, pasta gigi, dan bahkan kosmetik) dapat menyebabkan kanker hati pada tikus.

Pada tahun 2016, Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat melarang penggunaan triclosan dalam produksi sabun tangan antibakteri dan pencucian tubuh dengan mengklaim bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa triclosan bekerja lebih baik daripada sabun biasa. Meski begitu, kita harus tetap berhati-hati dan selalu membaca apa yang terkandung dalam setiap produk tertentu.


3. Obat nyamuk

Akan sulit mungkin untuk bisa menikmati malam yang hangat di luar tanpa obat nyamuk bakar. Sebuah penemuan yang terlihat sederhana, tetapi sangat bermanfaat, telah membuat perhitungan dan menemukan bahwa asap yang berasal dari satu koil nyamuk bakar sama dengan asap 75-137 batang rokok. Jumlah ini membuat semua makhluk hidup, termasuk manusia, terpapar risiko besar terkena berbagai penyakit paru-paru.


4. Penyegar udara

Semprotan penghilang bau ini mengandung unsur-unsur seperti terpen dan eter glikol berbasis etilena. Unsur tersebut secara resmi dikenal sebagai bahan kimia beracun, dan menciptakan kombinasi toksik ketika berinteraksi dengan ozon dari udara. Selain itu, mereka mengeluarkan banyak bahan kimia lain seperti paradichlorobenzene yang membahayakan kesehatan kita, terutama ketika digunakan di daerah kecil atau di ruangan yang berventilasi buruk.


5. Kapur barus

Kapur barus mungkin adalah cara terbaik untuk menjaga pakaian wol kita aman dari ngengat dan menjaga kesegaran pakaian. Namun, uap yang dipancarkan sekaligus melindungi pakaian kita bisa sangat berbahaya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu elemen utama mereka yang disebut paradichlorobenzene bertanggung jawab untuk menyebabkan kanker pada hewan. Meskipun dampaknya terhadap kesehatan manusia belum terbukti, kita harus tetap hati-hati. Beberapa kapur barus mengandung zat kimia yang disebut naphthalene, yang bisa menghancurkan sel darah merah jika manusia terpapar dalam waktu yang lama.


6. Kosmetik

Salah satu produk kecantikan seperti maskara, mengandung phthalates, yang juga dikenal sebagai plasticizer. Kandungan tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan pada organ reproduksi hewan, yang berarti memiliki risiko juga bagi manusia.

Bahan kimia tersebut memberikan bau dan warna yang bagus pada produk kecantikan dan dapat terkandung dalam deodoran, sampo, juga hairspray. Sebaiknya periksa lebih dulu komposisi semua produk kosmetik untuk melindungi diri dari kemungkinan bahaya yang diakibatkan.


7. Tongkat dupa atau apapun yang mengeluarkan asap (hasil bakaran)

Aroma harum yang dihasilkan oleh dupa di rumah juga termasuk dalam daftar unsur yang paling berbahaya. Sama seperti obat nyamuk, asap yang mereka pancarkan mengandung sejumlah senyawa berbahaya yang memengaruhi kesehatan kita secara negatif, mulai dari mengembangkan asma dan penyakit paru-paru lainnya dapat berakhir dengan kanker.

Jika memang diperlukan, jangan letakkan dalam ruangan yang terlalu tertutup atau setidaknya jangan hirup asapnya terlalu dekat dalam waktu lama. Baik dibutuhkan karena wanginya atau fungsi lain, yang jelas penting untuk tidak terpapar asapnya terlalu lama.

Kita harus berhati-hati dengan barang apa pun yang mengeluarkan asap, karena produk tersebut bisa mempengaruhi sistem pernapasan secara langsung. Sudah ada gambaran kan, apa saja benda yang mengeluarkan asap?

So guys, mulai sekarang coba yuk kita kurangi dan hentikan penggunaan beberapa produk di atas dan lebih memperhatikan kesehatan. Selamat hidup sehat!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.